KPU Tangsel Tetapkan Syarat dan Sebaran Jumlah Dukungan Paslon Perseorangan

  • Whatsapp
Ketua KPU Banten, Wahyul Furqon (kemeja putih) bersalaman dengan Ketua KPU Tangsel Bambang Dwitoro, selepas rapat pleno.

INDOPOLITIKA.COM – KPU Kota Tangerang Selatan memastikan syarat jumlah dan sebaran dukungan untuk pasangan calon perseorangan atau independen pada Pilkada serentak 2020 mencapai 7.5% dari total DPT saat ini yakni 948.571 jiwa.

“Dengan demikian, sedikitnya calon perseorangan harus mendapatkan sebanyak 71.143 ribu dukungan, yang tersebar di minimal empat kecamatan,” ungkap Komisioner KPU Tangsel Divisi Hukum dan Pengawasan, M Taufiq MZ selepas rapat pleno, Sabtu,(26/10/2019) di kantor setempat.

Baca Juga:

Dikatakan Taufiq, penetapan jumlah dukungan itu didasarkan atas Surat Edaran dari KPU Republik Indonesia nomor : 2096/PL.02.04-SD/01/KPU/X/2019 yang ditindaklanjuti KPU Tangsel dengan menggelar rapat pleno tersebut.

Ketetapan tersebut, lanjut Taufik, sudah disahkan melalui Berita Acara (BA) serta surat keputusan (SK), yang disaksikan juga oleh Ketua KPU Banten dan Bawaslu Kota Tangsel. “Alhamdulillah, pleno tadi berjalan dengan lancar. Berdasarkan PKPU tentang pencalonan, kita merunut DPT pemilu terakhir (948.571) jiwa,” tegasnya.

Selain KPU Tangsel, penyelenggara Pilkada lain yang melaksanakan pleno pada hari tersebut yakni KPU Kabupaten Serang, yang memutuskan dukungan paslon perseorangan 76.752 jiwa didasarkan persentase 6,5% dari total DPT 1.180.789 jiwa. Sementara sebaran dukungan per kecamatan wilayah tersebut yakni 15 kecamatan (50%) dari 29 kecamatan yang ada.

Diketahui, Pilkada serentak di Provinsi Banten akan diikuti empat daerah. Yakni Kota Tangsel, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *