PemiluPilpres

KPU: Tes Kesehatan Jokowi-JK 22 Mei, Prabowo Hatta 23 Mei

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan tes kesehatan kepada pasangan bakal capres-bakal cawapres yang mendaftar pada Pilpres 2014. Tes kesehatan akan dilaksanakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang bekerjasama dengan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot subroto.

KPU memastikan, tes kesehatan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dilaksanakan Kamis 22 Mei sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa Jumat 23 Mei 2014.

“Tes kesehatan kalau Jokowi 22, kalau Prabowo 23 Mei,” kata Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (20/5/2014).

Ferry menerangkan, tes kesehatan akan dilaksanakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang bekerjasama dengan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot subroto. IDI lah yang akan menentukan klasifikasi kesehatan terkait lolos atau tidaknya bakal calon sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden.

Dia menegaskan, KPU hanya menerima hasil pemeriksaan yang dilakukan tim dokter dari IDI. “Kita tidak memiliki klasifikasi yang memiliki tim kesehatan, yang kita miliki hanya klasifikasi sehat atau tidak sehat. Memang persyaratan, mau tidak mau harus sehat. Kalau tidak sehat, dicoret, tidak memenuhi syarat,” tandas Ferry.

Pemeriksaan kesehatan meliputi fisik dan kejiwaan capres dan cawapres. Pemeriksaan tersebut melibatkan sekitar 60 tenaga medis dengan keahlian masing-masing, seperti spesialis jiwa, penyakit dalam, saraf dan bedah.

Semua dokter spesialis yang dikerahkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memiliki pengalaman praktik minimal 15 tahun di bidangnya masing-masing. (ind/le)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close