Internasional

Kritik Pemerintah, Tiga Jurnalis Myanmar Ditahan

Editor Eksekutif Eleven Media, Kyaw Zaw Lin diborgol menuju Pengadilan Yangon. (Foto: AFP)

Yangon: Tiga jurnalis Myanmar ditangkap otoritas setempat karena telah menerbitkan tulisan yang mengkritik manajemen keuangan pemerintah. Penahanan ini menjadi yang terbaru setelah kasus Wa Lone dan Kyaw Soe Oo.

Dilansir dari AFP, Kamis 11 Oktober 2018, tiga jurnalis yang ditahan berasal dari Eleven Media, sebuah kantor surat kabar.

Editor eksekutif Kyaw Zaw Lin dan Nayi Min, serta kepala reporter Phyo Wai Win dibawa ke Pengadilan Yangon dalam kondisi tangan diborgol, kemarin.

Baca: Dua Wartawan Reuters Dijatuhi Hukuman 7 Tahun Penjara oleh Myanmar

Ketiganya akan menghadapi tuduhan sebelum divonis hukuman penjara. Pengacara ketiganya mengatakan, penangkapan ini memang benar terkait artikel yang diterbitkan Eleven Media.

Artikel tersebut membahas tentang pendanaan di belakang perusahaan bus kota yang dijalankan Menteri Utama Myanmar sekaligus orang kepercayaan Aung San Suu Kyi, Phyo Min Thein.

Ketiga jurnalis ini diancam hukuman denda dan penjara hingga dua tahun bila berita yang diterbitkan berpotensi meresahkan masyarakat.

Kasus serupa bukan pertama kali dialami oleh Eleven Media. Pada November 2016, sejumlah editor surat kabar tersebut dipenjara karena artikel yang menyebutkan para pejabat tinggi Yangon kerap menerima barang mewah dari pengusaha, yang kemudian memenangkan kontrak dengan pemerintah. 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close