INDOPOLITIKA.COM – Guru bimbingan dan konseling (BK) memiliki peran krusial dalam mendidik dan membimbing siswa menyelesaikan permasalahan.

Menurut Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Efendi, guru BK tidak hanya bertugas membantu siswa dalam permasalahan saja, tapi juga berperan sebagai koordinator dalam mewujudkan kesejahteraan psikologis peserta didik.

“Guru BK memilik peran krusial dalam membimbing dan mendidik siswa untuk menjadi lebih baik,” kata politisi Demokrat itu dalam Rapat Audiensi dengan Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Dede Yusuf menambahkan, saat ini banyak kasus siswa yang mengajak ribut dengan gurunya. Ia menilai perbuatan tersebut tidak mencotohkan seorang murid yang teladan dan berbakati kepada guru sebagai orang tua pengganti diluar rumah.

“Belakangan ini banyak beredar di media seorang siswa yang mengajak duel dengan gurunya, hal itu mencnotohkan bahwa siswa tersebut membutuhkan pelayanan dari guru BK,” imbuhnya.

“Menurut kami peran guru BK dalam memberikan layanan dan bimbingan kepada murid itu harus diperkuat,” sebutnya.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, kedepannya pihaknya (Komisi X) akan berdiskusi dengan pemerintah terkait dengan permasalahan guru BK saat ini.

Ia berharap nantinya ditemukan titik temu mengenai masalah tersebut.

“Kedepannya kami akan undang pemerintah untuk mencari jalan keluar agar bagaimana peranan guru BK dalam membimbing dan mendidik siswa ini menjadi lebih kuat ya,” harapnya. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com