Pemerintahan

KSP-Google-Maarif Institute Dorong Anak Muda Bikin Konten Kreatif Lawan Hoaks

JAKARTA – Pemerintahan Presiden Joko Widodo sangat concern dengan kreativitas anak-anak muda, karnea generasi milenial inilah nanti yang akan memimpin bangsa Indonesia.

Pernyataan itu ditegaskan Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani saat membuka ‘Creator Muda Academy’ yang diselenggarakan Maarif Institute, di Jakarta, Kamis, 14 Maret 2019.

“Anak-anak muda kreatif bisa menularkan aura positif, dan menjadi pelopor untuk penyebaran konten-konten yang konstruktif, mencegah hoaks dan ujaran kebencian yang sekarang kerap memenuhi ruang publik,” kata Jaleswari.

‘Creator Muda Academy’ merupakan serial workshop yang ditujukan bagi anak-anak muda usia SMA di berbagai kota di Indonesia. Program ini bertujuan menangkal radikalisme serta mempromosikan toleransi di antara anak muda.

“Selain itu juga memberikan kesempatan sekolah membangun jejaring dengan organisasi pemerinth,” kata perwakilan Maarif Institute Abd Rohim Ghazali.

Workshop ini digelar di 10 kota yakni  Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang, Makassar, Manado, Pontianak, Padang dan Mataram.

Crator muda merupakan satu dari tiga program ‘Inspire Project’ yang dikelola konsorsium beranggotakan Maarif Institute, Cameo Project, Peace Generation, Ruang Guru dan Love Frankie.

“Dua program lain yakni Madingsekolah.id dan’Yuk Cerdas Berinternet’. Kami menyasar dua ribu pelajar, 300 guru dan diharapkan menghasilkan 100 video bernuansa positif sebagai karya percontohan pelajar,” kata Rohim.

Dalam kesempatan ini, Presiden Google.org Jacquelline Fuller memberikan apresiasi tinggi atas digelarnya ‘Creator Muda Academy’.

“Kita sangat berharap anak-anak muda yang mengikuti acara ini akan menjadi kreator berita yang inspiratif, bukan semata sebagai konsumen internet,” kata Jacquelline Fuller.

foto1

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close