Kuatkan Arah Perjuangan Partai, PSI Bekali Caleg Terpilih

  • Whatsapp
Sekjend Partai Solidaritas Indonesia Raja Juli Antoni )

Pemilihan umum legislatif 2019 menjadi pertarung sengit perebutan hati rakyat, terutama antara partai-partai muka lama dan penantang baru. Setelah kampanye berbulan-bulan, hasil resmi rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan 9 partai yang lolos ke parlemen. Urutan suara tertinggi dari PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, Nasdem, PKS, Demokrat, PAN, dan PPP, dan 7 partai yang tidak sampai ambang batas yakni, Perindo, Berkarya, PSI, Hanura, PBB, PKPI, Garuda. Bahkan partai penguhi Senayan 2014-2019 Hanura harus tumbang pada pemilu kali ini.

Salah satu partai yang menjadi perbincangan publik karena konsep, cara, dan bentuk partainya pada pemilu lalu adalah partai Solidaritas Indonesia, sebagai partai baru yang mengusung konsep milenial, anti korupsi, dan menjunjung pruralisme gagal melenggang ke Senayan dengan 2,6 juta suara (1,86) persen. Walaupan tak mampu bersaing dengan partai lama di nasional, PSI mampu melenggang di DPRD tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota yang bersaing ketat dengan partai-partai besar. Cukup mengejutkan untuk sebuah partai debutan.

Baca Juga:

Total 67 kader PSI se-Indonesia yang mendapatkan mandat rakyat yang tersebar di 6 DPRD Provinsi dan 37 DPRD Kabupaten/Kota. Langkah tidak lanjut yang dilakukan DPP PSI untuk para caleg terpilih dalam mewujudkan cita-cita partainya adalah dengan mengadakan pembekalan bekerjasama dengan Indonesian Corruption Watch (ICW), workshop digelar di Jakarta 26-28 Juni 2018.

Raja Juli Antoni, Sekjen PSI dalam sambutannya menekankan pada para wakil rakyat PSI untuk tetap berpegang teguh pada raison d’etre berdirinya PSI. pelatihan ini bagian dari upaya membangun kapasitas anggota legislatif PSI dan diharapkan bisa menjadi pembeda dari politisi-politisi lain.

“PSI lahir sebagai bentuk kritik atas realitas politik Tanah Air; politik egois, elitis, berbohong, mengingkari janji, politik yang dipenuhi inkonsistensi antara kata dan perbuatan. Saya berharap anggota-anggota legislatif PSI terpilih hari ini bisa menjadi pembeda dari politisi-politisi lain,” ujar Toni (26/6/2019).

PSI menjadi partai peserta pemilu yang memberikan pembekalan pada kadernya untuk bersiap mengemban amanah rakyat dan pembekalan nilai-nilai yang diperjuangkan partai. Patut dinantikan kiprah partai anak muda ini dalam mengubah wajah perpolitikan Indonesia. (TRA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *