Internasional

Kunjungi Korsel, Presiden Jokowi Akan Sepakati 16 MoU

Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri RI Edi Yusup di Kemenlu RI, Jakarta, Kamis 6 September 2018. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).

Jakarta: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), didampingi Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan bertolak ke Korea Selatan (Korsel) bertemu dengan Presiden Korsel Moon Jae-in. Presiden Moon sendiri sudah mengunjungi Indonesia pada akhir 2017 lalu.
 
Kunjungan Presiden Jokowi ke Korsel akan berlangsung pada 11-12 September 2018 ini. Beberapa bahasan kerja sama pun dikemukakan.
 
"Ada enam Memorandum of Understanding (MoU) di bidang pemerintahan dan 10 MoU di bidang bisnis. Tujuan utama kunjungan ini mempererat kerja sama strategis spesial dan penguatan kerja sama ekonomi," kata Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri RI Edi Yusup di Kemenlu RI, Jakarta, Kamis 6 September 2018.
 
Di bidang pemerintahan, enam MoU tersebut adalah kerja sama bidang legislasi, imigrasi, pertemuan reguler terkait ekonomi, pengembangan SDM, keamanan maritim dan lingkungan.
 
"Di bidang bisnis ada otomotif, energi, transportasi, dan infrastruktur. Semuanya diperkirakan bernilai di atas USD1 miliar," lanjut Edi.
 
Di Seoul, Jokowi dan Presiden Moon akan menyepakati bantuan Korsel untuk mempercepat industrilisasi di Indonesia dan membentuk kerja sama generasi muda swasta dan pemerintah.
 
"Kerja sama generasi muda ini nantinya diusulkan dari Indonesia, 10 pemuda dari Korsel dan Indonesia bertemu untuk berbagi informasi. Rencananya, konferensinya tahun depan di Indonesia," tutur dia lagi.
 
Kunjungan Jokowi ke Seoul merupakan kunjungan balasan setelah Presiden Moon mengunjungi Indonesia dan diterima Jokowi di Istana Bogor, 2017 lalu.
 
Kunjungan kali ini juga akan menandai 45 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korsel. Sebelumnya, Jokowi sudah pernah melakukan kunjungan kerja ke Seoul pada 2016 saat Korsel masih dipimpin Park Geun-hye.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close