Internasional

Kunjungi Vietnam, Jokowi Bahas Penyelesaian Batas Maritim

Presiden Joko Widodo. (Foto: ANT/Puspa Perwitasari).

Jakarta: Usai mengunjungi Korea Selatan (Korsel), Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri RI akan bertolak ke Vietnam. Jokowi akan melakukan dua agenda, yaitu kunjungan kenegaraan dan menjadi panelis di World Economic Forum on ASEAN.

"Intinya, kunjungan ini untuk meningkatkan potensi ekonomi melalui kerja sama dan akses pasar. Dua pertumbuhan ekonomi dua negara cukup bagus," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir kepada awak media, di Kemenlu RI, Jakarta, Kamis 6 September 2018.

"Presiden juga akan membicarakan perdagangan dan investasi. Yang jadi perhatian yaitu pembahasan terkait mengurangi hambatan perdagangan dua negara," lanjut dia.

Yang utama, Jokowi akan membicarakan penyelesaian batas wilayah antara Indonesia dan Vietnam dengan Presiden Vietnam Tran Dai Quang, yang di mana batas ini terletak di Natuna Utara.

Baca: Jokowi Berharap Perundingan ZEE dengan Vietnam Segera Rampung

"Perundingan sudah berlangsung lama. Diharapkan ada dorongan secara politik dari dua negara sehingga batas ini bisa cepat selesai," ujar Arrmanatha.

Masih terkait dengan batas negara, Indonesia dan Vietnam juga akan bekerja sama di bidang maritim dan perikanan, khususnya untuk mengurangi IUU Fishing.

"Tindak lanjut join komunike soal IUU Fishing, salah paham soal lokasi ZEE yang belum diputuskan. Salah satunya terkait nelayan," ucapnya.

Selain itu, kedua presiden juga akan menandatangani pembaharuan Memorandum of Understanding (MoU) terkait kesehatan yang disepakati pada tahun 1992 serta pembaharuan MoU soal pariwisata yang terakhir disepakati pada 1994.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close