Kuota Calon Jamaah Haji Kabupaten Tangerang 890 Orang

INDOPOLITIKA.COM – Keputusan pemerintah pusat untuk wilayah Kabupaten Tangerang mendapat kouta jamaah haji sebanyak 890 Orang. Hal ini disampaikan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang. Kamis (19/5/2022).

Kepala Seksi Pelaksanaan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Tangerang, Iwan Kurniawan mengatakan, bahwa berdasarkan keputusan Pemerintah Pusat, wilayah Kabupaten Tangerang mendapat kuota calon jamaah haji sebanyak 890 orang.

“Jumlah kuota haji yang berangkat di periode tahun 1443 Hijriah/ 2022 di Kabupaten Tangerang ada sebanyak 890 orang. Jumlah ini sudah ditentukan dari pusat,” kata Iwan Kurniawan.

Iwan mengatakan, para calon jamaah haji yang namanya sudah terdaftar untuk berangkat ke Tanah Suci tahun ini, sudah masuk dalam jumlah kuota haji Indonesia yang berjumlah 100.051 Orang.

“Memang total kuota haji di wilayah Kabupaten Tangerang sudah by sistem, dengan ketentuan batasan calon haji maksimal berusia 56 tahun,” jelasnya.

“Dan memang para calon jamaah haji saat ini, sesuai kesepakatan bersama antara Kemenag dan DPR RI merupakan kuota dari tahun 2020 yang sebelumnya tertunda karena pandemi Covid-19,” ujarnya.

Iwan juga menyebutkan, jumlah kuota yang sekarang diperoleh wilayah Kabupaten Tangerang merupakan 48 persen, dari jumlah kuota haji di tahun 2020. Lanjutnya, yang mana, sejak dua tahun terakhir tidak ada pemberangkatan haji karena pandemi Covid-19.

“Tetapi, dengan kuota yang saat ini diberikan tentu dinilai cukup banyak dibandingkan dengan kota/ kabupaten lainya. Bahkan Kabupaten Tangerang urutan nomor satu jumlah kuota terbanyak di Banten,” tuturnya.

Sementara itu, poin selanjutnya kriteria calon haji yang lolos pemberangkatan, tentunya sudah lolos dalam persyaratan kesehatan. Seperti telah menerima dosis vakin Covid-19 secara lengkap.

“Yang jelas mereka (calon haji) harus sudah melalui vaksin minimal tahap satu dan dua. Dan sekarang sudah ada booster yang harus dipenuhi jamaah,” pungkasnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.