Kurang APD, Rumah Sakit Diminta Hubungi Dinkes Provinsi

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona (Covid-19), Achmad Yurianto meminta agar pihak rumah sakit di Indonesia menghubungi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi setempat dalam kaitannya untuk memenuhi kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis yang menangani pasien Covid-19.

“Karena titik distribusi kami adalah di Dinkes Provinsi,” kata dia dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Kamis (2/4/2020).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, hingga Kamis (2/4/2020), pemerintah sudah mendistribusikan ratusan ribu APD ke provinsi di Indonesia.  Secara rinci, Provinsi DKI Jakarta, yang diketahui merupakan wilayah dengan kasus positif Covid-19 terbanyak, telah mendapatkan distribusi sebanyak 85 ribu APD.

Lainnya adalah Jawa Barat dengan distribusi 55 ribu APD, Jawa Timur 25 ribu APD, Jawa Tengah 20 ribu APD, Bali 12.500 APD, DIY 10 ribu APD, Banten 10 ribu APD, dan provinsi di luar Jawa dan Bali yang rata-rata mendapatkan 5.000 APD.

“Ini akan terus kami dilakukan sejalan dengan kebutuhan yang terus ada dan kemampuan produksi yang sudah bisa kita akumulasikan,” kata dia.

Selain itu, ia menyebut, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah menerima sumbangan dana lebih dari Rp 72,2 miliar dari masyarakat untuk menangani kasus pandemi Covid-19.

“Kemudian banyak sekali relawan yang bekerja bersama kita, salah satunya tenaga kesehatan di daerah yang telah membantu kegiatan tracing penelusuran kasus,” ucap dia.

Jumlah pasien positif terinfeksi Covid-19 di Indonesia terus bertambah, per Kamis (2/4), mencapai 1.790 kasus. Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 170 jiwa, dan angka yang sembuh 112 orang.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *