Kurangi Curah Hujan Lebat di Jabodetabek, BPPT Gelar Operasi Modifikasi Cuaca

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi BPPT bakal menggelar operasi teknik modifikasi cuaca (TMC) untuk mengurangi curah hujan penyebab banjir di Jabodetabek.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan, hari ini operasi tersebut bakal digelar. Kata dia, sejak pagi tadi  tim sudah memantau dan memprediksi pergerakan dan pertumbuhan awan.

Bacaan Lainnya

“Mulai tanggal 3 Januari akan dilakukan operasi. Pagi hari dilakukan prediksi dan monitoring pertumbuhan dan pergerakan awan,” ungkap Agus dalam keterangannya.

Agus bahkan menjelaskan BPPT sejauh ini sudah menganalisis pertumbuhan awan yang menyebabkan curah hujan tinggi di Jabodetabek. Awan-awan itu kata dia, berasal dari sebelah barat dan barat laut Jabodetabek. Yaitu Selat Sunda, Lampung dan sekitarnya.

“Semua awan yang bergerak ke Jabodetabek dan diperkirakan akan hujan di Jabodetabek akan disemai dengan pesawat menggunakan bahan semai NaCl. Diharapkan awan jatuh sebelum memasuki Jabodetabek,” katanya.

Lebih lanjut, Agus mengatakan sejumlah persiapan untuk melakukan modifikasi cuaca agar hujan deras tidak turun di Jabodetabek sudah berjalan maksimal.

“Hari ini sudah dilakukan persiapan, baik pesawat maupun peralatan lainnya serta bahan semai. Pesawat yang digunakan 1 unit Casa, 1 unit CN-295, dan (opsional) 1 unit Hercules,” terang Agus.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *