La Nyalla Sebut Tak Relevan Pertentangkan Pancasila dengan Islam

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Nyalla Mahmud Mattalitti menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Pondok Pesantren Al-Falah, Bojonegoro, asuhan KH Tajuddin. La Nyalla menyatakan bahwa Pancasila, sebagai salah satu pilar kebangsaan, tak perlu dipertentangkan dengan Islam atau agama mana pun.

“Akhir-akhir ini kita memang menghadapi tantangan ideologi. Ada banyak diskusi di ruang publik yang coba mengevaluasi Pancasila sebagai ideologi bangsa, lalu membangun narasi bahwa seolah-olah Pancasila itu bertentangan dengan Islam. Di sini saya tegaskan: tidak!” ucap La Nyallla, melalui keterangan tertulisnya, pada Jum’at (22/11/2019).

Muat Lebih

Dikatakan La Nyalla, Pancasila merupakan nilai-nilai yang digali oleh Bung Karno dan para pendiri bangsa dari kearifan khas Indonesia. “Pancasila telah disepakati sebagai ideologi negara. Ini tidak main-main. Pancasila digali dari nilai-nilai luhur bangsa, termasuk nilai dan ajaran semua agama,” katanya.

Senator asal Jawa Timur yang meraup lebih dari 2 juta suara warga pada Pemilu 2019 lalu itu menjelaskan, bahwa sebenarnya sudah tidak relevan lagi mempertentangkan Pancasila dengan Islam.

“Ironisnya, saat ini masih ada saja kelompok tertentu yang mempermasalahkan dasar negara kita, dengan membangun narasi bahwa Islam mempunyai sistem pemerintahan sendiri yaitu khilafah,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *