Lagi, Jokowi Dinilai Lebih Serius Urus Ibukota Baru Daripada Papua

  • Whatsapp
Pengamat Kebijakan Publik UIN Syarif Hidayatullah, DR Agus Nugraha

INDOPOLITIKA – Lagi-lagi, Presiden Joko Widodo dinilai lebih serius mengurusi pemindahan ibukota daripada menyelesaikan konfloik di Papua. Pendapat tersebut diutarakan oleh Pengamat Kebijakan Publik UIN Syarif Hidayatullah, DR Agus Nugraha.

“Presiden Jokowi jelas lebih mengutamakan agenda besar pemindahan ibukota. Sebab secara the jure dan the fackto isu kerusuhan di Papua tak mungkin akan sampai pada fase referendum. Kasus Papua berbeda dengan kasus Timor Timor,” katanya saat dihubungi Indopolitika, Senin (2/8).

Baca Juga:

Kendati demikian, Ia mengatakan setuju dengan pemindahan ibukota. Menurutnya gagasan memindahkan Ibukota negara merupakan gagasan yang positif.

“Wacana pemindahan Ibukota ini kan sudah jadi agenda lama, bahkan sejak Soekarno pun sudah bergulir. Pertimbangannya tentu saja daya tampung Jakarta yang sudah over load. Menurut saya ini gagasan yang visioner” ungkapnya.

Meski akan menelan biaya yang sangat besar, namun menurut Agus, anggaran pemindahan tersebut harus diracang bertahap dan berkelanjutan.

“Ya jangan terlalu ambisius lah. Pemindahan bisa bertahap, misalnya jangka waktu 20 tahun, sehingga anggarannya lebih terukur dan rasional. Kalau hampir 500 T itu terlalu ambisius” tambahnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *