Lantik Lima Pejabat Kepala Daerah, Mendagri Tito Karnavian Pesankan Ini

Pelantikan Pj Gubernur/net

INDOPOLITIKA.COM -Mendagri Tito Karnavian memberikan sejumlah pesan dalam pelantikan lima penjabat (Pj) gubernur. Yang pertama, para Pj Gubernur diminta untuk menjaga stabilitas politik pemerintahan dan keamanan.

“Tolong yang paling utama jaga stabilitas politik pemerintahan dan keamanan, karena tanpa adanya stabilitas politik pemerintahan dan keamanan, semua program-program yang digulirkan, yang direncanakan akan sangat sulit dieksekusi,” kata Tito Karnavian di ruang Sasana Bhakti Praja, Kemendagri, Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Bacaan Lainnya

“Tapi ketika politik stabil di daerah masing-masing, pemerintahan juga berlangsung baik dan keamanan juga terjaga, baru bisa mengeksekusi program-program,” sambungnya.

Atensi Tito lainnya adalah penanganan pandemi. Meskipun Covid-19 sudah melandai di Indonesia, namun belum sepenuhnya selesai.

“Jangan lengah, kebijakan kebijakan pemerintah pusat tolong terjemahkan dalam hal pandemi untuk konteks di wilayah masing-masing,” ucap Tito.

Berikutnya, adalah program Pemulihan Ekonomi. Tito menginstruksikan Pj Gubernur untuk mempercepat belanja APBD.

“Realisasi belanja APBD disamping untuk membuat adanya uang beredar di daerah masing-masing selain pemerintah pusat, juga untuk menstimulasi pihak swasta,” kata Eks Kapolri ini.

Berikut lima Pj Gubernur yang resmi dilantik Mendagri Tito hari ini:

– Al Muktabar sebagai Pj Gubernur Banten

– Ridwan Djamaluddin sebagai Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung

– Hamka Hendra Noer sebagai Pj Gubernur Gorontalo

– Paulus Waterpauw sebagai Pj Gubernur Papua Barat

– Akmal Malik sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat.

Dipenuhi Karangan Bunga
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik penjabat (Pj) gubernur pada, Kamis 12 Mei 2022.

Saat dikonfirmasi apakah Pj gubernur yang dilantik akan menggantikan lima kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada pertengahan Mei 2022, Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga hanya menjelaskan secara singkat.

“Iya benar, besok Kamis (hari ini) Pj gubernur akan dilantik oleh Mendagri,” jelas Kasto.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada lima provinsi yang masa jabatan kepala daerahnya akan berakhir pada pertengahan Mei 2022.

Mereka adalah Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Banten Wahidin Halim, Gubernur Gorontalo Ruslie Habibie, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar, dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Pantauan media di lokasi pukul 07.00 WIB, karangan bunga sudah ramai terpajang dengan menampilkan nama-nama penjabat yang akan dilantik. Terlihat nama yang paling banyak dipajang adalah Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik yang ditunjuk menjadi Pj Gubernur Sulawesi Barat.[dbm]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.