Laode Bersyukur Tak Lolos Seleksi Calon Pimpinan KPK

  • Whatsapp
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif

INDOPOLITIKA.com- Seleksi calon pimpinan KPK yang masih berlangsung hingga saat ini ternyata memiliki kesan tersendiri, bagi Wakil Ketua KPK Laode M Syarif.

Meski tidak lolos seleksi, ia tetap harus merasa bersukur lantaran sempat disodorkan “kontrak” politik oleh anggota DPR. “Terus terang saya bersyukur nih enggak lulus, kalau saya harus disodorin komitmen politik seperti itu, waduh susah sekali,” ujarnya di Gedung KPK Jakarta, Selasa (10/9).

Muat Lebih

Ia pun mengaku heran dengan ketentuan tersebut. Karena, untuk menjadi aparat penegak hukum seperti pimpinan KPK tidak boleh mewakili konstituen politik tertentu. Dia menegaskan, capim KPK harus terbebas dari jeratan komitmen politik apapun.

“KPK itu adalah lembaga penegak hukum yang tugasnya adalah menegakkan hukum yang tidak boleh terikat pada komitmen politik tertentu,” tegas Laode.

Ia pun mengingat-ingat, dari kepemimpinan KPK jilid I hingga IV pun para komisioner tidak terikat  oleh komitmen politik apapun. Jika saja kontrak politik benar diterapkan, Syarif menyangsikan nantinya calon pimpinan KPK akan tunduk kepada pemimpin politik tertentu.

“Jangan-jangan dia (capim KPK) akan loyal kepada pemimpin politiknya, bukan dia loyal kepada penegakkan hukum yang menjadi tujuan utama dari aparat penegak hukum itu bekerja,” tutupnya.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *