Internasional

Lava Gunung Kilauea Lukai 23 Orang

Lava Gunung Kilauea yang kini menjadi obyek wisata. (Foto: AFP)

Honolulu: Lava dari Gunung Kilauea di Hawaii memakan korban. Setidaknya, 23 orang terluka saat mereka sedang menyaksikan mengalirnya lahar gunung dari sebuah kapal.

"13 dari mereka dirawat inap dan sisanya dirawat di pelabuhan ketika kapal kembali ke Big Island Hawaii," kata petugas keamanan setempat, dikutip dari AFP, Selasa 17 Juli 2018. 

Lava gunung yang mengalir ke Samudera Pasifik kini menjadi obyek wisata baru bagi para turis. Pasalnya, lava tersebut menghasilkan kabut yang disebut sebagai 'laze'.

Kendati demikian, jumlah total orang yang ada di kapal tersebut tidak diketahui pasti.

Dalam insiden itu, lava menghantam dan merusak bagian atas perahu. Sebelumnya memang ada suara ledakan yang terdengar hingga pelabuhan.

Pekan ini, lava Gunung Kilauea juga menghancurkan sebuah sekolah dan taman.  Total bangunan yang hancur akibat lava Kilauea sejak Mei lalu menjadi lebih dari 700 unit, menurut data terbaru Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Sepuluh pekan sejak erupsi pertama Kilauea di Big Island Hawaii, area bernama Fissure 8 masih menumpahkan lava menuju ke arah lautan. 

Observatorium Gunung Api Hawaii (HVO) mengatakan lava dari Fissure 8 meluap pada Rabu kemarin dan mengalir via saluran terpisah. Aliran itu menghancurkan Sekolah Charter Kua O Ka La dan Taman Pantai Ahalanui Count, sebelum akhirnya mengalir ke lautan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close