Internasional

Layanan Kesehatan Buruk, Kim Jong-un Marahi Sejumlah Pejabat

Kim Jong-un ketika mengunjungi rumah sakit di Myohyangsan. (Foto: AFP)

Pyongyang: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengkritik layanan kesehatan negaranya sendiri karena para pejabatnya dianggap tak berguna dan tak bertanggungjawab.

Kritik ini dilontarkan Kim ketika ia berkunjung ke pabrik peralatan medis Myohyangsan. Selain itu, ia juga berkunjung ke sejumlah rumah sakit di wilayah yang sama dan menemukan rumah sakit tersebut kekurangan obat-obatan, peralatan dan staf yang terlatih.

"Tidak ada unit yang menjaga lingkungannya dengan baik di sektor kesehatan untuk masyarakat," kata Kim, dikutip dari KCNA, Selasa 21 Agustus 2018.

"Partai Buruh telah menekankan perlunya meningkatkan layanan kesehatan tapi para pejabatnya malas dan tidak bertanggungjawab dalam melakukannya," lanjut Kim lagi. 

Dilaporkan pula Kim sempat memarahi beberapa pejabat dan staf rumah sakit karena membiarkan layanan kesehatan di Korut 'hibernasi'.

"Hewan hanya hibernasi setahun sekali, tapi layanan kesehatan ini seperti ditinggal tidur bertahun-tahun," ujar dia lagi. 

Kim juga memarahi para pejabat karena infrastruktur kesehatan yang buruk dan banyak rumah sakit yang tak memiliki air, listrik dan pemanas yang konsisten. 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close