Internasional

Lebih dari 300 Pendeta Pennsylvania Dituduh Lakukan Pelecehan

Ilustrasi oleh Medcom

Pennsylvania: Sebanyak enam Keuskupan Katolik di Pennsylvania secara sistematis menutup-nutupi pelecehan seksual terhadap lebih dari 1.000 anak oleh ratusan pendeta selama tujuh dekade terakhir.
 
Penyelidikan menyeluruh memastikan para pejabat di dalam Gereja Katolik Roma secara teratur menempatkan lembaga tersebut di atas kepentingan para korban.
 
Juri memeriksa setengah juta halaman bukti yang berawal dari tahun 1947. Tetapi mengatakan jumlah korban sebenarnya bisa lebih tinggi lagi, mengutip catatan yang hilang dan anak-anak yang takut untuk melaporkan pelecehan.
 
"Para pendeta memperkosa anak-anak lelaki dan perempuan kecil, dan pelayan Tuhan yang bertanggung jawab atas mereka tidak hanya tidak melakukan apa-apa; mereka menyembunyikan semuanya. Selama beberapa dekade," kata laporan setebal 900 halaman itu.
 
"Monsinyur, uskup pembantu, uskup, uskup agung, kardinal kebanyakan telah dilindungi; banyak, termasuk beberapa yang disebutkan dalam laporan ini, telah dipromosikan. Sampai itu diubah, kami pikir terlalu dini untuk menutup buku tentang skandal seks Gereja Katolik," cetusnya, seperti dilansir dari UPI, Kamis 16 Agustus 2018.
 
Laporan itu mendeskripsikan pelecehan seksual oleh "pendeta predator" di enam keuskupan — Allenton, Erie, Greensburg, Harrisburg, Pittsburgh, dan Scranton. Para juri lainnya sebelumnya menbeberkan pelecehan serupa di Keuskupan Altoona-Johnstown dan Philadelphia.
 
Dalam satu kasus, seorang pendeta di Harrisburg melecehkan lima saudari perempuan dari keluarga yang sama. Lainnya di Greensburg dialami seorang gadis 17 tahun, dan menikah lalu menceraikannya dalam beberapa bulan.
 
Jaksa Agung Josh Shapiro mengatakan pada konferensi pers Selasa, "Polanya adalah pelecehan, menyangkal, dan menutup-nutupi."
 
Laporan itu menyebutkan bahwa sebagian besar kasus dugaan pelecehan terlalu lama untuk dituntut. Tetapi isinya mengeluarkan beberapa penggambaran terhadap dua pendeta di keuskupan Greensburg dan Erie.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close