INDOPOLITIKA.COM – Nama Sekda Kota Batam, Jefridin Hamid tak asing lagi di kalangan pegawai maupun masyarakat Kota Batam. Bersahaja, mudah bergaul dan suka blusukan salah satu ciri khas pria kelahiran Selatpanjang itu.

Jauh sebelum menjadi birokrat handal yang mengemban amanah sebagai Sekda Kota Batam, Jefridin Hamid memiliki pengalaman luar biasa panjang.

Dimulai dari guru honorer, lurah hingga sejumlah posisi di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD). Sebelum jadi birokrat atau selama masih mengenyam Pendidikan, Jefridin sudah menunjukan minat dalam organisasi.

Pramuka dan KNPI adalah sedikit dari organisasi yang dilakoni sosok kelahiran Desember 1968. Sejak masih duduk di bangku sekolah, Jefridin Hamid sudah jatuh cinta dengan pramuka.

Sosok Mandiri

Masa kecil dan remaja, dilalui Jefridin di Selatpanjang. Ia bercita-cita jadi guru dan melanjutkan pendidikan di Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Bangkinang, Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Dulu, SPG adalah sekolah favorit. Seleksinya sangat ketat. Ada tes kepribadian, tes kemampuan, bakat dan minat. Jadi, yang masuk di SPG sudah pasti anak-anak yang punya kepribadian serta memiliki bakat dan minat sebagai seorang guru.

‘’Sejak di SMP saya sudah terbiasa mandiri dan mencari uang sendiri untuk biaya sekolah saya. Ketika di kampung di Selatpanjang, saat libur sekolah saya cari uang. Caranya, mengambil upah menebas lorong pohon karet sehingga bisa beli buku, beli baju dan sepeda,” kata Jefridin seperti disadur dari socratestalk.com, Senin 7 Agustus 2023.

“Saat kuliah di FKIP UIR saya juga cari uang sendiri sampai tamat kuliah. Kerja saya adalah jadi Guru honor di SD dan mengajar anak pramuka,” tambahnya.

Jefridin behasil menembus seleksi masuk SPG Bangkinang dan tamat tahun 1989. Ia melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau. Jenjang pasca sarjana dilaluinya di UHAMKA Jakarta dan tamat tahun 2002.

Kuliah sambil bekerja jadi guru sudah dilakoni Jefridin sejak di Pekanbaru. Tamat kuliah, ia memutuskan ke Batam tahun 1993 dan tinggal bersama keluarganya di Tanjunguma.

Anak Pramuka

Sejak kecil, Jefridin suka ikut kegiatan pramuka sejak usia Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. Ia sudah mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) Gerakan Pramuka tahun 1988 di Bangkinang.

Berturut-turut, Jefridin mengikuti diklat Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK) Gerakan Pramuka tahun 1992 di Pekanbaru, Kursus Mahir Lanjutan (KML) 1994 dan Kursus Pelatih Dasar (KPD) Pramuka 1995 di Pekanbaru.

Kegiatan pramuka, mendorong Jefridin untuk belajar hal baru, bertemu banyak orang, serta menghadapi berbagai tantangan. Pramuka memberikan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir.

Karakter ini dibentuk dari kegiatan alam yang biasanya dilakukan oleh organisasi kepramukaan. Pramuka diajarkan cara bertahan hidup dalam keadaan darurat, kebersamaan dan kepemimpinan.

Jefridin tidak hanya rutin mengikuti pendidikan dan pelatihan Pramuka, juga pernah bekerja sebagai staf sekretariat Kwarda 04 Geraka Pramuka Riau serta aktif di gerakan pramuka.

Jefridin sejak di bangku sekolah sudah menyukai Pramuka/net

Antara lain, menjabat sebagai sekretaris Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Gerakan Pramuka Kampar, Sekretaris Dewan Kerja Daerah (DKD) Kwarda 04 Gerakan Pramuka Riau, Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Batam, Ketua Harian Kwartir Gerakan Pramuka Kota Batam dan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Batam periode 2022–2027.

Aktivitas Jefridin di kepramukaan, mendapat penghargaan secara nasional. Jefridin berturut-turut mendapat piagam tanda penghargaan Panca Warsa I hingga Panca Warsa VI, Penghargaan Darma Bakti, dan Penghargaan Melati dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Jefridin aktif di Kwartir Cabang Cabang mulai dari tahun 1993 sampai saat ini tahun 2023.

Jefridin juga mendapatkan piagam tanda penghargaan lencana melati Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 2018 dari Ketua Kwartir Nasional dan tahun 2019 piagam penghargaan sebagai Ketua Panitia Asia Pasific Regional Scout Committee Meeting. Keterlibatan Jefridin di pramuka tidak hanya di tingkat lokal, regional dan nasional, tapi sudah go internasional.

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com