Internasional

Ledakan di Tambang Batu Bara Pakistan Tewaskan 8 Orang

Para pekerja berkumpul di sebuah tambang yang runtuh di Marwaarh, Pakistan, 5 Mei 2018. (Foto: AFP/STR)

Quetta: Ledakan di sebuah tambang batu bara di Pakistan menewaskan sedikitnya delapan orang, Senin 13 Agustus 2018. Lima orang lainnya yang berada di tambang tersebut juga dikhawatirkan sudah meninggal dunia.

Tambang tersebut runtuh setelah para pekerja menggunakan dinamit dalam tugas ekskavasi di Sinjidi, yang berlokasi sekitar 45 kilometer dari kota Quetta, ibu kota provinsi Balochistan.

"Terdapat 22 pekerja di sejumlah titik berbeda di tambang tersebut. Beberapa dari mereka berada di kedalaman 1.219 meter saat ledakan terjadi," ujar Kepala Inspektur Pertambangan Balochistan, Muhammad Iftikhar, kepada kantor berita AFP, Senin 13 Agustus 2018.

Sembilan pekerja yang berada di terowongan dekat pintu keluar tambang berhasil diselamatkan. Namun tim penyelamat menemukan delapan jasad pekerja di kedalaman 240 meter.

Tim masih berusaha mencari lima pekerja tersisa, meski hampir dipastikan mereka semua sudah meninggal.

Saleh Muhammad Baloch, salah satu pejabat pertambangan di Balochistan, mengonfirmasi terjadinya insiden. Ia menyebut penggunaan dinamit sebenarnya dilarang, namun banyak pekerja menggunakannya agar dapat mengekskavasi dengan cepat.

Tambang batu bara di Balochistan dikenal dengan standar keamanan yang rendah. Dalam insiden serupa, setidaknya 43 pekerja tambang di distrik Sorange tewas pada 2011.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close