Internasional

Ledakan Guncang Bandara Militer Suriah Dekat Damaskus

Api terlihat di kejauhan yang diduga berasal dari ledakan di bandara Damaskus, Suriah. (Foto: AFP)

Damaskus: Serangkaian ledakan mengguncang sebuah bandara militer Suriah dekat ibu kota Damaskus, Sabtu 1 September 2018 malam waktu setempat. 

Grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa "kemungkinan itu berasal dari misil Israel, yang mengenai gudang senjata sehingga memicu rentetan ledakan."

Bandara itu merupakan lokasi berdirinya markas intelijen Angkatan Udara Suriah. Pada awal 2017, pemerintah Suriah pernah menuduh Israel menyerang markas tersebut.

Menurut keterangan seorang sumber militer Suriah dan dilaporkan media SANA, "bandara Mazze bukan sasaran dari agresi Israel."

"Terjadi ledakan di sebuah gudang amunisi dekat bandara, yang diakibatkan hubungan pendek arus listrik," ucap sumber tersebut.

Selama ini Israel berusaha menghindari keterlibatan langsung dalam konflik di Suriah. Namun Tel Aviv mengakui pernah beberapa kali melancarkan serangan udara ke Suriah untuk menghentikan penyaluran senjata-senjata canggih ke grup Hizbullah di Lebanon.

Israel juga mengaku berusaha mencegah Iran dalam menyebarkan pengaruh militernya di Suriah.

Sebelumnya pada pekan ini, Israel telah menegaskan kembali ancamannya untuk menggempur beberapa target militer Iran di Suriah.

Lebih dari tujuh tahun sejak konflik Suriah dimulai, pasukan pemerintah telah berhasil mengambil kembali banyak wilayah dari pemberontak dan ekstremis. Saat ini pemerintah Suriah telah merebut kembali dua per tiga dari keseluruhan wilayah.

Pasukan Suriah didukung secara militer oleh Rusia dan Iran, Hizbullah serta milisi dari Irak dan Iran.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close