Legislator Dorong Tol Pekanbaru – Dumai Segera Rampung

  • Whatsapp
Pembangunan Tol Riau-Dumai

JAKARTA, INDOPOLITIKA – Pembangunan tol Pekanbaru – Dumai didorong secepatnya untuk diselesaikan. Anggota Komisi IV DPR RI Iskandar D. Syaichu meminta pemerintah untuk segera mencairkan Penyertaan Modal Negara (PMN) yang diberikan untuk pembangunan jalan tol ini, agar pembangunannya berjalan lancar. Hutama Karya (HK) selaku penanggung jawab pekerjaan tol ini mengandalkan pendanaan dari pinjaman Bank Mega sebesar Rp 6,5 trilliun.

“Sampai saat ini alokasi PMN yang diberikan tahun 2018 – 2019 sebesar Rp 3 triliun dan Rp 10,5 triliun ini belum cair. Mereka berharap betul PMN ini bisa cepat cair untuk lebih mengamankan operasional dari jalan tol ini,” ujarnya usai mengikuti rapat Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI dengan Direksi Hutama Karya(HK) dan jajarannya di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Rabu (10/7/2019).

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menambahkan, seharusnya bank-bank BUMN lebih banyak andil dalam memberikan bantuan kredit untuk jalan tol lintas Sumatera, khususnya jalan Tol Pekanbaru-Dumai. “Bank swasta bisa andil memberikan pinjaman. Kenapa bank- bank Pemerintah tidak turut andil dalam pengerjaan pembangunan tol ini,” imbuh Iskandar.

Di sisi lain, dalam pertemuan terungkap, kendala pembangunan tol ini adanya jalur pipa gas milik PT. Cevron yang belum dipindahkan. Pipa gas itu berada di jalur yang akan dibangun jalan tol. Saat ini masih dalam proses pembicaraan dengan SKK Migas dan PT Cevron. “Kami berharap ada solusi terbaik untuk proses pembangunan jalan Tol Pekanbaru-Dumai,” kata politisi dapil Jawa Timur X ini.

Diketahui, selama ini perjalanan Pekanbaru – Dumai harus ditempuh selama 12 jam melalui jalur provinsi. Dengan adanya Tol Pekanbaru – Dumai ini, diklaim perjalanan dapat ditempuh dengan waktu 6 jam. Dengan begitu masyarakat  sekitar bisa menyingkat perjalanan dan juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (DB)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan