Legislator Senayan Tantang Anies Baswedan Anggarkan Rp 1 Triliun Buat Reboisasi Hutan Kawasan Bogor

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi meminta Pemprov DKI Jakarta ikut turun tangan dalam penanganan banjir bandang kawasan Bogor sekitarnya. Alasannya, banjir di kawasan ini juga akan berpengaruh ke DKI Jakarta yang ujung-ujunganya merugikan warga ibu kota.

Dedi menjelaskan, banjir bandang yang terjadi di kawasan Gunung Mas kemarin misalnya, itu terjadi karena tata ruang kawasan tersebut sudah sangat kritis. Bahkan sudah melebihi batas minimal yaitu 30 persen.

Berita Lainnya

“Ini tinggal 5 persen artinya sudah sangat kritis untuk itu, apa yang menjadi penyebab? Tata ruang. Pemprov DKI beda dengan Bogor, saya minta DKI untuk fokus mereboisasi tanah hutan di sekitar Bogor dan Puncak,” ujar Dedi Mulyadi saat di Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Karenanya, Dedi menantang Gubernur DKI Anies Baswedan untuk menganggarkan dana Rp 1 triliun demi reboisasi kawasan hutan di Bogor dan sekitarnya. “Saya menantang Gubernur Anies mengeluarkan dana Rp 1 triliun untuk penghijauan kawasan hutan di Bogor dan daerah sekitarnya.

Dikatakan Dedi, hutan di Bogor sangat berpengaruh terhadap DKI. Jika hutan di Bogor dan sekitarnya rusak, maka warga Jakarta yang dirugikan. “Bogor punya Sungai Ciliwung. Jika hutan gundul di hulu, maka air tidak terserap lalu akan meluncur deras melalui Sungai Ciliwung dan Kalimalang hingga akhirnya sampai ke Jakarta dan menyebabkan banjir. Jika aliran dari Sungai Citarum tak terkendali, yang kena musibah Jakarta. Kalau Jatiluhur jebol, dalam 15 menit Jakarta tenggelam,” kata Dedi.

Ia menyebutkan sejumlah sungai di daerah penyangga yang akan berpengaruh terhadap Jakarta. Selain Ciliwung (Bogor, Jakarta), ada Citarum (Bandung, Purwakarta, Karawang, Bekasi), Kalimalang (Bekasi), dan Cibeet (Bogor dan Bekasi). Semuanya saling berhubungan dan jika meluap bisa berdampak ke Jakarta. [ind]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *