Internasional

Lewat MUI, Taiwan Sumbangkan Rp7,6 M untuk Sulteng

Penyerahan simbolis bantuan kemanusiaan untuk Sulteng dari Taiwan via MUI di Jakarta, 9 Oktober 2018. (Foto: TETO)

Jakarta: Pemerintah Taiwan menyerahkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Bantuan sebesar USD500 ribu atau sekitar Rp7,6 miliar itu diberikan lewat Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sumbangan diterima langsung Profesor Kiai Haji Ma'ruf Amin, Ketua Umum MUI, dengan didampingi para kiai serta petinggi MUI lainnya. Bantuan diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taiwan (TETO) John Chen.

John menyampaikan ucapan belasungkawa dan kepedulian dari Presiden Taiwan Tsai Ing-wen kepada para korban bencana. Dia mengatakan gempa dan tsunami yang terjadi di Sulteng menyebabkan simpati mendalam dari masyarakat Taipei.

"Oleh karena itu, pemerintah dan rakyat Taiwan bekerja sama dengan MUI memberikan bantuan sebesar USD500 ribu kepada korban bencana di Sulawesi Tengah," katanya dikutip dari pernyataan TETO yang diterima Medcom.id, Selasa 9 Oktober 2018.


John Chen (tiga kanan) bersama jajaran MUI. (Foto: TETO)

Dia berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban para korban. "Dan semoga segera kembali menjalani kehidupan normal," tukasnya.

Baca: Pemkot Seoul Sumbang Rp1,5 Miliar untuk Sulteng

John juga menuturkan pihaknya memberikan bantuan juga untuk para korban bencana gempa Lombok pada Juli lalu. Dia berharap bantuan dapat segera sampai kepada korban yang membutuhkan.

Lebih dari 1.500 orang tewas dalam bencana yang melanda Sulteng akhir bulan lalu. Hingga saat ini, bantuan dari negara-negara sahabat terus berdatangan untuk ribuan korban yang tinggal di pengungsian.

Data terbaru Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat korban jiwa gempa dan tsunami di Sulteng sejauh ini mencapai 1.944 orang.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close