INDOPOLITIKA.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar kegiatan Workshop Aksi Bergizi (Garasi Gemilang) bagi anggota Kwarcab di Kitri Bakti Curug, Selasa (20/2/2024). Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari yakni 20-21 Februari 2024 dan diikuti 100 orang anggota Pramuka yang juga merupakan anggota pada Kwartir Cabang Kabupaten Tangerang. 

Ketua Tim Kerja Gizi pada Dinkes Kabupaten Tangerang, Ade Dahyani menyampaikan, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman gizi dan kesehatan pada remaja melalui program Garasi Gemilang (Gerakan Rabu Ceria Generasi Gemilang) yang merupakan bentuk dari kegiatan Aksi Bergizi dalam upaya meningkatkan kepatuhan konsumsi TTD (Tablet Tambah Darah) pada remaja putri yang merupakan salah satu indikator layanan intervensi gizi spesifik dalam percepatan penurunan stunting.

Dia menjelaskan, program Gerakan Rabu Ceria Generasi (Garasi) Gemilang merupakan program yang diinisiasi Pemkab Tangerang guna mencegah anemia sejak dini. Sehingga, nantinya dapat membangun generasi yang bebas stunting. 

“Gerakan ini merupakan salah satu upaya kami dari Pemkab Tangerang untuk membangun komitmen bersama yang dimana salah satunya yakni berkolaborasi dengan kwarcab Kabupaten Tangerang. Tujuannya untuk menggelorakan dan menggerakkan penganan stunting serta pencegahan anemia pada remaja,” ucapnya. 

Dalam kegiatan ini, kata Ade, pihaknya akan memberikan edukasi seperti pentingnya mengonsumsi makanan bergizi. Dalam kegiatan ini juga ratusan peserta tersebut akan dibekali informasi tentang Tablet Tambah Darah. Yang dimana, hal tersebut merupakan upaya pencegahan dan penanganan anemia yang sering terjadi pada remaja.

“Salah satu materi utama yang disampaikan adalah tentang gizi seimbang dan pentingnya mengkonsumsi makanan gizi seimbang pada remaja untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Peserta diajak untuk memahami berbagai jenis makanan yang kaya akan nutrisi dan bagaimana mengintegrasikannya ke dalam pola makan sehari-hari,” ujarnya. 

Dia berharap, kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya nutrisi dan kesehatan guna menciptakan generasi emas dimasa yang akan datang. 

“Kegiatan workshop Gerakan Aksi Bergizi ini diharapakan menjadikan anggota Pramuka menjadi penggerak bagi teman sebayanya di sekolah dan lingkungannya sehingga  salah satu aksi nyata kolaborasi kolaborasi Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang dan Kwarcab dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup generasi muda. Kegiatan ini akan terus dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan generasi  Kabupaten Tangerang yang bebas stunting dan makin Gemilang,” pungkasnya. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com