Lihainya Emak Fitrotun Jadi Makelar CPNS, Raup Rp 1 Miliar dari Korban

  • Whatsapp
Kapolres Kudus AKBP Saptono saat gelar rilis tersangka penipuan CPNS, kemarin.

INDOPOLITIKA.COM – Sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga. Ya, dua tahun bergerilya jadi makelar penerimaan CPNS hingga raup untung Rp 1 miliar dari para korbannya, aksi emak Aditia Fitrotun (54), warga Teluk Wetan, Welahan, Jepara berakhir sudah. Dia akhirnya berhasil diamankan aparat Mapolres Kudus.

Dihadapan penyidik polisi, emak Fitrotun berdalih jika perbuatannya karena terhimpit kebutuhan ekonomi. Salah satunya untuk menutupi biaya pengobatan almarhum suamiya. Untuk memuluskan akal bulusnya, emak Fitrotun bahkan berani menjamin para korban lolos sebagai PNS dengan memberikan petikan SK “bodong”.

Muat Lebih

“SK tersebut diyakini korban dengan dalih bisa dijanjikan akan diterima sebagai PNS dengan syarat membayar uang Rp 160 juta,” kata Kapolres Kudus AKBP Saptono, kemarin.

Dia mengungkapkan untuk mencari sasaran biasanya di wilayah seputaran eks- Karisidenan Pati. Sejauh ini dari total korban sendiri diperkirakan lebih dari sepuluh orang yang tersebar di berbagai kabupaten.

Saptono pun mengimbau pada semua masyarakat yang merasa pernah tertipu dengan tersangka untuk segera melapor ke Polres maupun Polsek terdekat. “Jadi ini masih kami kembangkan terus. Ada kemungkinan korbannya banyak, sebab korban yang kena tipu malu untuk melaporkan ke polisi,” ujarnya.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *