Internasional

Lima Orang Tewas dalam Banjir di Myanmar

Myanmar berada di peringkat teratas daftar global negara yang paling menderita akibat cuaca ekstrem. (Foto: AFP/Ye Aung Thu)

Naypyidaw: Air luapan sungai merendam Myanmar dan memaksa lebih dari 54 ribu orang mengungsi di seluruh wilayah negara tersebut. Tak hanya itu, lima orang dilaporkan tewas akibat bencana ini.

Hujan deras terus menghantam wilayah Mekong, salah satu wilayah di Myanmar yang paling parah terkena dampak banjir. Lima orang dilaporkan tewas di wilayah tersebut.

Sementara itu, puluhan ribu warga lain berusaha diselamatkan tim penyelamat menggunakan perahu. Di wilayah lain, ketinggian air mencapai sekitar 80-100 sentimeter.

Para orangtua terlihat menggendong anak-anak mereka di pundak sambil membawa barang-barang berharga keluar dari air.

"Ada lebih dari 54 ribu orang terlantar yang terkena dampak banjir di seluruh negeri," kata pejabat Kementerian Kesejahteraan Sosial, dilansir dari laman Channel News Asia, Minggu 29 Juli 2018.

Perintah evakuasi telah dikeluarkan di beberapa daerah. Sementara itu, sekitar 163 kemah telah didirikan untuk korban banjir di bagian selatan, timur dan tengah negara.

Setiap tahun Myanmar dilanda banjir besar yang menewaskan puluhan hingga ratusan orang. Peneliti menyebut Myanmar berada di peringkat teratas daftar global negara yang paling menderita akibat cuaca ekstrem.

Pada 2015, lebih dari 100 orang tewas dalam banjir yang juga menelantarkan ratusan ribu orang di seluruh negeri.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close