PemiluSurvei

Lingkaran Survei Indonesia: Elektabilitas Jokowi-Abraham Samad Lebih Tinggi Ketimbang Jokowi-JK

Indopolitika.com – Lingkaran Survei Indonesia menyatakan elektabilitas duet Jokowi-Abraham Samad lebih tinggi ketimbang pasangan Jokowi-Jusuf Kalla.

LSI memperkirakan akan ada tiga poros dalam Pilpres 2014. Poros pertama mengusung Jokowi sebagai capres yaitu PDIP, Partai NasDem dan PKB.

“Poros itu akan menghasilkan Jokowi- Abraham Samad atau Jokowi-Jusuf Kalla. Sosok ini berdasarkan elektabilitas hasil survei pasangan persentase Jokowi-Samad 26,21 persen. Dan pasangan Jokowi-JK 25,32 persen,” kata peneliti LSI Adjie Alfaraby di Jakarta, Selasa (13/5).

Untuk poros kedua adalah Gerindra, PAN dan PPP. Partai ini akan mengusung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa sebagai pasangan capres dan cawapres.

“Poros kedua seperti Gerindra, PAN dan PPP sepertinya akan memunculkan nama Prabowo-Hatta. Namun poros itu masih di bawah nama poros pertama. Poros Prabowo-Hatta Rajasa hanya 17,76 persen,” kata dia.

Untuk poros ketiga diperkirakan akan diisi oleh Partai Golkar atau Partai Demokrat yang diprediksi akan memunculkan pasangan Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Gita Wirjawan.

Jika nanti akan muncul tiga poros, maka pilpres diprediksi berlangsung dua putaran.

Survei dilakukan di 33 provinsi dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 2.400 orang dengan margin of error sebesar 2 persen. Survei dilakukan secara tatap muka dari tanggal 1-9 Mei 2014.(*/ind)

Tags

Artikel Terkait

Close
Close