PilpresSurvei

Lingkaran Survei Indonesia: Jokowi-JK Lebih Tinggi 13% dari Prabowo-Hatta

Indopolitika.com – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA menggelar survei mengenai tingkat elektabilitas dua pasangan capres dan cawapres Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta saat ini. Tingkat elektabilitas Jokowi-JK lebih tinggi 13% daripada pasangan Prabowo-Hatta pada saat ini.

“Jika Pilpres diadakan pada saat survei, maka pasangan Jokowi-JK unggul sementara dibanding dengan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa. Elektabilitas Jokowi-JK 35,42 %, dan elektabilitas Prabowo-Hatta 22,75 %. Selisih keduanya sebesar 13 %,” ujar salah satu peneliti LSI Ardian Sopa, di kantor Graha Dua Rajawali, Jalan Pemuda, Jakarta Timur, Selasa (20/5/2014).

Dari angka tersebut, masih ada 41,83 % yang belum menentukan pilihan. Angka ini menjadi peluang unuk kedua pasangan capres untuk mengambil suaranya.

Survei ini juga menunjukkan bahwa iika dilihat dari segmen pemilih, pasangan Jokowi-JK lebih unggul di semua segmen gender, desa-kota, usia, dan agama. Misalnya di segmen suku, Joko-JK unggl di semua suku kecuali Betawi. Di mana pasangan ini dipilih oleh 16,31 % warga Betawi, sementara yang memilih Prabowo 46,69 %.

Jokowi juga unggul di semua segmen agama. Sedangkan dari segmen pendidikan, Jokowi unggul kecuali di level mahasiswa ke atas yang 26,6 % memilih Jokowi-Hatta, dan 26,14% memilih Prabowo-Hatta.

“Jokowi juga unggul di semua level pendapatan, kecuali yang berpendapatan Rp 1-2juta,” imbuhnya. (Ind/dtk)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close