INDOPOLITIKA.COM – Liverpool tak berdaya dan kalah mengenaskan saat menjamu Atalanta, pada leg pertama perempat final Liga Europa yang digelar di Stadion Anfield, Jumat (12/4/2024) dini hari WIB. 

Tim asuhan Jurgen Klopp kalah dengan skor 0-3 dari tim asal Italia itu. Bermain di publik sendiri, Liverpool tak mampu keluar dari tekanan Atalanta yang justru memainkan permainan yang cukup memukau. 

The Reds kalah dari lawan yang memainkan pressing tinggi dan counter-attack cepat. Atalanta tak henti-hentinya menekan Liverpool sejak awal pertandingan. Pasukan Gian Piero Gasperini bahkan melakukan pressing sejak bola masih berada di wilayah pertahanan lawan. 

Usai pertandingan, pelatih Liverpool, Juergen Klopp, menilai timnya memainkan pertandingan yang sangat buruk dan layak kalah dari Atalanta.   

“Itu adalah pertandingan yang sangat buruk, oh Tuhan,” kata Juergen Klopp, dikutip dari laman Liverpool.   

Klopp mengatakan bahwa Liverpool sebenarnya memulai laga dengan menjanjikan. Sayang, The Reds gagal menjaga momentum dan tak dapat memanfaatkan peluang.   

“Kami memulai pertandingan dengan sangat baik, tetapi tidak melanjutkannya,” ungkap pelatih asal Jerman ini. 

“Bahkan, saya pikir sebelum mereka (Atalanta) mencetak gol, kami kehilangan sedikit momentum,” ucapnya.   

Melihat permainan anak didiknya, Klopp menerima dengan lapang dada bahwa timnya pantas menelan kekalahan. 

“Kami bermain buruk, pantas kalah dan kami harus merasakannya sekarang. Selamat Atalanta, hasil yang sangat bagus,” ujarnya.   

Selain buruknya permainan Liverpool, Klopp mengakui Atalanta berhasil menciptakan masalah dan menyulitkan anak didiknya.  “Atalanta menyebabkan banyak tim kesulitan dengan cara mereka bertahan. Mungkin saya salah, tetapi saya tidak dapat mengingat situasi di mana mereka mengungguli kami,” katanya. 

“Hanya saja, mereka memenangkan bola dan dapat meneruskannya. Jadi itu adalah ide yang bagus. Anda butuh banyak disiplin taktis untuk melakukan apa yang mereka lakukan,” ujar Klopp.  

“Mereka bertahan dan kami tidak mencoba untuk bermain cukup lama. Jadi kami menderita karena cara mereka bertahan,” imbuh Juergen Klopp.  

Klopp enggan membahas peluang Liverpool pada leg kedua melawan Atalanta di Stadion Bergamo pada Jumat (19/4/2024) dini hari WIB.  Saat ini, Klopp fokus mempersiapkan timnya menjelang laga terdekat melawan Crystal Palace pada Minggu (14/4/2024).   

“Saya percaya bahwa ini bukan saat tepat untuk berbicara hal tersebut. Saya tidak berminat memikirkan laga yang berlangsung seminggu lagi, sedangkan kami punya pertandingan lain,” kata dia.  

“Yang pasti kami akan mencoba memenangkan laga di sana (Stadion Bergamo), tetapi bukan saatnya berbicara banyak dan mengatakan apa yang akan kami lakukan di sana,” ujar Klopp. 

 “Namun, yang pertama dan terpenting adalah (pertandingan) hari Minggu. Itu jauh lebih penting sekarang,” tutur Klopp. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com