Loyalis Anies Klaim Revitalisasi Monas Bakal Lebih Hijau

  • Whatsapp
Monas yang tampak gundul untuk direvitalisasi

INDOPOLITIKA.COM – Penebangan 190 pohon untuk revitalisasi Monas menuai polemik. Namun Loyalis Anies yang tergabung dalam Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), Tatak Ujiyati mengatakan bahwa Monas justru akan lebih hijau dengan banyak pohon pasca revitalisasi. Walaupun kini sejumlah pohon ditebang. Menurutnya, penebangan pohon di Monas adalah bagian dari upaya penataan yang sedang berlangsung.

“Jadi penebangan itu ya semacam growing pain. Sedikit pengorbanan yang harus dilakukan demi hasil yang jauh lebih besar. Nanti setelah revitalisasi selesai pada tahun 2021, Kawasan Monas akan lebih aman, cantik, nyaman, dan lebih hijau dengan lebih banyak pohon, katanya di akun dikutip dari akun Facebook miliknya, Minggu (19/1/2020).

Bacaan Lainnya

Tatak juga mengatakan, Penataan memang perlu dilakukan. Sebab Monas dan kawasannya sudah lama tidak ditata ulang. Padahal Monas adalah salah satu ikon Jakarta. Selain itu, di Kawasan Monas itu rencananya akan ada stasiun MRT, dengan adanya stasiun KA Gambir maka Kawasan Monas akan jadi salah satu titik integrasi transportasi nantinya.

“Pemprov DKI Jakarta sudah sejak 2018 merencanakan penataan Kawasan Monas ini dengan menyelenggarakan sayembara penataan Tugu Monas dan penataan Kawasan Monas. Kini pemenang sayembara sudah ada. Penataan juga dilakukan melalui konsultasi dengan berbagai ahli,” tulisnya.

Lebih lanjut, Tatak mengatakan, aktivitas pembangunan di Kawasan Monas itu merupakan bagian dari eksekusi penataan Kawasan Monas. Yang disainnya merupakan yang terbaik, yang didapat dari kompetisi ketat. Penebangan beberapa pohon tersebut memang bagian dari rencana penataan. Di sana nanti akan dibangun ruang terbuka dengan air mancur.

“Walau demikian, jika kita lihat dalam rencana disain penataan, Kawasan Monas nantinya bakal jauh lebih hijau dengan lebih banyak pohon. Kawasan IRTI misalnya yang sekarang jadi tempat parkir, nantinya akan ditanami banyak pohon menjadi ruang terbuka hijau. Demikian pula dengan sisi-sisi yang lain. Teman-teman bisa lihat gambar disainnya seperti terlampir.”

“Oh ya yang perlu kita ketahui juga. ABW tak hanya memikirkan urusan fisik memperbaiki Kawasan Monas, ia juga memikirkan bagaimama pengelolaan kawasan bisa lebih efisien dan terintegrasi. Maka kini secara manajemen Kawasan Monas dikelola oleh satu unit pengelola, yang tadinya oleh dua unit (yaitu unit pengelola tugu Monas dan taman Monas). Kini menjadi unit pengelola Kawasan Monas,” tambahnya.

Di akhir tulisannya, Tatak mengucapkan terimakasih telah peduli terhadap Monas dengan meributkan 190 pohon yang ditebang. “Tapi baiklah kita lihat gambaran besarnya penataan Monas ke depan, akan lebih ecofriendly. Tak hanya lebih hijau tapi juga didisain untuk mendorong penurunan karbon. Kita tunggu saja hasil revitalisasi Kawasan Monas tahun 2021 teman-teman. Jakarta akan jauh lebih keren dan hijau,” ucapnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *