LRT Cawang-Cibubur Siap Beroperasi Akhir Oktober

  • Whatsapp
Menteri Rini Soemarno saat meninjau proyek LRT Cibubur-Cawang

INDOPOLITIKA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan proyek lintas rel terpadu (LRT) dengan kereta api ringan di jalur layang rute Cawang Uki-Cibubur siap dioperasikan secara komersial di akhir Oktober 2019.

Hal tersebut dikatakan Rini saat meninjau progres pembangunan jalur layang Stasiun LRT Cibubur. Rini mengatakan sebelum dioperasikan secara komersial, terlebih dahulu akan dilakukan uji coba satu kereta di jalur tersebut pada September.

Baca Juga:

“Sebentar lagi kita akan meletakkan satu set kereta yang akan kita uji cobakan,” kata Rini di Stasiun LRT Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (23/8).

Rini mengatakan di awal Oktober akan ada tambahan tiga set kereta lagi. Selain itu apabila uji coba ini selesai, progres selanjutnya yakni pemberian izin dan sertifikasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bahwa LRT siap untuk dioperasikan untuk umum.

“Kalau September ini kita uji coba dan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan kita bisa dapat sertifikat untuk commercial operation akhir Oktober, atau paling lambat awal November,” tutur Rini.

Saat ini progres pembangunan rute Cawang-Cibubur sudah mencapai 85 persen. Direktur Utama Adhi Karya sebagai pengembang proyek tersebut, Budi Harto mengatakan operasi secara komersial akan sangat tergantung pada sertifikasi dari Kemenhub.

Sebab, kata Budi, LRT merupakan sistem transportasi yang baru dijalankan di Indonesia sehingga butuh waktu kesiapan seluruhnya satu hingga tiga bulan sebelumnya akhirnya dikomersialkan. “(Bisa untuk penumpang umum) ya nanti tergantung izin Kemenhub,” tambah Budi.

Lebih jauh Budi mengatakan untuk keseluruhan pembangunan LRT Jabodebek diperkirakan akan selesai pada Agustus 2020. Setelah selesai akan dilakukan commissioning atau uji coba selama lima bulan.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *