Luncurkan Buku, Megawati Ajak Politisi Belajar dari Tiga Hewan Ini

  • Whatsapp
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

Di kesempatan yang sama, dua penulis buku Merawat Pertiwi, yaitu Kristin Samah dan Maria Karsia menyampaikan latar belakang dan isi buku tersebut.

Menurut Kristin, buku ini menjabarkan bagaimana Megawati menampilkan politik dari sisi yang lain. Kristin sudah tiga kali menuliskan tentang Megawati, tapi untuk yang satu ini dia ingin menampilkan banyak foto dan kutipan-kutipan agar enak dibaca.

Berita Lainnya

“Bukan karena pendek-pendek naskahnya, bobotnya kurang. Justru bobotnya sangat substansial. Karena berbicara soal politik pangan, politik, cara berpolitik yang beradab dan seterusnya. Banyak sekali nilai-nilainya,” urai Kristin.

Sementara itu, Maria Karsia, mengatakan bahwa riset buku ‘Merawat Pertiwi’ cukup dalam. Bahkan ia, sempat harus mencari foto kunang-kunang dari berbagai daerah yang sangat sulit ditemui. Dia mengaku mencari kunang-kunang di Jakarta dan Jawa Barat, tetapi tak kunjung didapat. Akhirnya, kata Maria, kunang-kunang berhasil ditemui di Tabanan, Bali.

“Oleh Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti, itu ada rupanya di Tabanan. Karena masih persawahan tidak adanya pestisida, jadi kunang-kunang nyaman di situ. Kunang-kunangnya hidup di situ. Itu adalah indikator kehidupan. Itu baru saya sadari dan itu adalah ajaran Ibu Mega yang disampaikan kepada kadernya. Jagalah lingkungan lalu berikanlah keseimbangan pada ekosistem,” tutur Maria.

Pada acara ini, Megawati hadir secara virtual dari kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta. Di DPP PDIP, dipimpin oleh Sekjen Hasto Kristiyanto yang hadir bersama Ketua DPP PDIP I Made Urip. Hadir juga Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kepala LIPI Laksana Tri Handoko, dan mantan Menteri Pertanian Bungaran Saragih. [rif]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *