Mabes TNI Distribusikan Anggaran Rp 1,2 Triliun Ke Seluruh Satuan Kerja

  • Whatsapp
Penandatanganan kontrak secara kolektif antara para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satuan Kerja (Satker) Mabes TNI dengan para mitra penyedia barang dan jasa di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (17/1/2020). foto: Istimewa.

INDOPOLITIKA.COM- Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menandatangani 73 kontrak barang dan jasa pada 2020 senilai Rp 1.282 triliun. sebagian besar barang dan jasa untuk delapan Satuan Kerja di jajaran Mabes TNI.

Penandatanganan kontrak secara kolektif antara para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satuan Kerja (Satker) Mabes TNI dengan para mitra penyedia barang dan jasa ini disaksikan oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Joni Supriyanto, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (17/1/2020).

Baca juga:

Dalam pidatonya Kasum TNI menyampaikan, suksesnya suatu kegiatan di lingkungan Mabes TNI dimulai dari perencanaan yang baik, pengelolaan anggaran dan penggunaan waktu secara tertib.

Agar penggunaan anggaran efektif dan efisien maka diperlukan langkah nyata untuk meningkatkan penyerapan anggaran, salah satunya dengan cara mempercepat proses pengadaan barang dan jasa serta penandatanganan kontrak secara kolektif.

Acara penandatanganan kontrak secara kolektif ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden yang dijabarkan melalui instruksi Panglima TNI di lingkungan TNI. Kebijakan penandatanganan kontrak secara kolektif ini, selain untuk upaya mempercepat daya serap anggaran juga sebagai upaya untuk mencegah kejadian lintas tahun.

Kegiataan ini merupakan bagian kolektif yang tidak terlepas dari sistem pengelolaan anggaran. Karena proses pengadaan barang dan jasa selalu berpedoman kepada aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah sesuai dengan pengawasan kegiatan dan pengendalian kegiatan agar tetap efektif dan efesien.

Satuan Kerja (Satker) Mabes TNI yang turut menandatangani kontrak, antara lain; Badan Perbekalan (Babek), Satuan Komunikasi Elektronika (Satkomlek), Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Satuan Siber (Satsiber), Badan Pembinaan Hukum (Babinkum), Pusat Kesehatan (Puskes), Badan Intelijen Strategis (Bais) dan Detasemen Markas (Denma) Mabes TNI, dengan total nilai sebesar Rp 1,2 triliun.[sgh]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *