Internasional

Maduro Yakin Mata Uang Baru Selesaikan Krisis Venezuela

Presiden Venezuela Nicolas Maduro. (Foto: AFP)

Caracas: Venezuela menerbitkan mata uang baru. Namun, keputusan Presiden Nicolas Maduro ini lantas tak membuat tenang warganya akibat krisis moneter yang tengah terjadi.

Warga, khususnya para pengusaha, pesimistis dengan beredarnya uang kertas Bolivar yang baru sejak awal pekan ini, yang memangkas lima angka nol dari uang kertas yang lama.

"Ini adalah formula ajaib yang kami temukan sendiri dengan pemikiran kami sendiri. Proses penyeimbangan ulang ini akan terus dikembangkan dan memperbaiki krisis negara," ucap Maduro. 

Baca: Kendalikan Hiperinflasi, Venezuela Terbitkan Mata Uang Baru

Dilansir dari CNN, Kamis 23 Agustus 2018, Maduro yakin bahwa keputusan ini akan memperbaiki ekonomi Venezuela yang terancam hiperinflasi hingga 1 juta persen tahun ini, menurut IMF.

Hiperinflasi adalah istilah di mana harga barang, terutama barang pokok, tak terkendali bebarengan dengan jatuhnya nilai tukar mata uang sebuah negara.

Sejumlah pakar ekonomi meyakini, gaji satu bulan warga Venezuela hanya dapat digunakan untuk membeli satu ekor ayam utuh, jika pemerintah setempat benar-benar memberlakukan mata uang baru ini. Harga barang biasa pun akan lebih mahal dari harga emas.

Program pemulihan ekonomi ini juga disebut Maduro sebagai upaya mengatasi sanksi ekonomi dari Amerika Serikat. Uang baru yang diperkenalkan ini memangkas lima nol dari mata uang sebelumnya.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close