Internasional

Mahathir Larang Warga Asing Beli Rumah di Johor

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. (Foto: AFP)

Kuala Lumpur: Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad tak mengizinkan warga negara asing membeli unit di Forest City, Johor. Satu unit di proyek ini berharga USD100 miliar atau setara Rp1,4 triliun.

"Satu hal yang pasti, kawasan perumahan itu tidak boleh dijual kepada orang asing. Kami tidak akan memberikan visa kepada warga asing yang datang dan tinggal di kawasan itu," kata Mahathir, dikutip dari Strait Times, Selasa 28 Agustus 2018.

"Yang membuat pemerintah keberatan karena kawasan ini dibangun untuk warga asing. Sedangkan, warga Malaysia belum mampu beli satu unit di perumahan itu," lanjut dia. 

Pengembang utama Forest City telah meluncurkan sekitar 20 ribu unit untuk dijual pada akhir tahun lalu di mana 18 ribu unit telah terjual.

Namun, sekitar 70 persen unit dibeli oleh warga asal Tiongkok dan 20 persen warga Malaysia. Forest City sendiri dikendalikan oleh keluarga kerajaan Johor. 

Mahathir sendiri telah lama mengkritik proyek pembangunan ini yang diklaim tiga kali lebih besar dari Sentosa Singapura. Ia menganggap pembangunan tersebut adalah erosi terbesar kedaulatan Malaysia. 

Warga Malaysia yang tinggal di Johor juga mengeluhkan bahwa banyak warga Tiongkok yang menginginkan unit di Forest City diperbanyak.

Padahal, jika itu dilakukan, mereka khawatir akan terdampak bagi lingkungan dan dampak reklamasi.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close