Mahfud MD Masih Mengingat Kenangan Pahit Gagal Menjadi Cawapres Jokowi

  • Whatsapp
Menkopolhukam Mahfud MD saat berpidato pada acara Dialog Kebangsaan di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat di Pontianak, Sabtu (27/10/2019) malam.

INDOPOLITIKA.COM- Agaknya peristiwa kegagalannya menempati kursi cawapres Jokowi masih membekas dalam diri Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD.

Tengok saja saat menjadi pembicara dalam dialog kebangsaan yang digelar Korps Alumni HMI di Pontianak, Kalimantan Barat, Mahfud sempat menyinggung soal persiapan baju yang akan dikenakannya sesaat menjelang pengumuman cawapres pendamping Jokowi jelang Pemilu 2019 lalu.

Baca Juga:

Bermula dari penjelasannya terkait kisah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang dilakukan pejuang dengan jalan merebutnya dari penjajah, bukan atas pemberian.
Saat itu dikatakan Mahfud, Bung Karno dan Bung Hatta yang sempat dijanjikan oleh Jepang akan memberikan kemerdekaan pada Indonesia pada 22 Agustus 1945. Saat itu Dwi Tunggal itu pun diminta untuk menyiapkan baju yang bakal digunakan saat pemberian kemerdekaan tersebut di Tokyo.

“Jadi sama seperti saya, siap-siap baju juga kemarin,” kata Mahfud disambut tawa ratusan peserta dialog menyinggung peristiwa kegagalannya mendapat kursi cawapres Jokowi pada Pemilu 2019.

Seperti diketahui, jelang pengumuman pasangan cawapres bagi capres Jokowi, kala itu nama Mahfud MD santer disebut-sebut menjadi calon kuatnya. Bahkan saat itu Mahfud sudah menyiapkan baju. Namun apa mau dikata, di detik-detik akhir ternyata pilihan cawapres jatuh kepada KH Ma’ruf Amin.

Kembali pada pidato Mahfud. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengatakan, sejarah mencatat setelah pemuda berhasil meyakinkan Bung Karno dan Bung Hatta, akhirnya keduanya bisa lebih cepat memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *