Mahfud Md: Omnibus Law itu Bukan Makanan Aneh, Tapi Metode Paket UU  

  • Whatsapp
Menko Polhukam Mahfud Md

INDOPOLITIKA.COM – Istilah omnibus law bagi sebagian besar orang masih terdengar asing. Apa sih sebenarnya arti dari kata ini. Berdasarkan penjelasan Menko Polhukam Mahfud MD, omnibus law diadakan untuk menyinkronkan berbagai aturan pada bidang yang sama, tetapi mengaturnya berbeda-beda.

“Jadi bukan hukum yang aneh-aneh. Gitu ya. Misalkan, masalah perizinan berbeda. Orang mau investasi, belum kata pajak, belum kata industriemberi izin berbeda. Belum kata pajak. Jadi, masyarakat supaya jangan menganggap omnibus law sesuatu yang…atau makanan aneh gitu. Itu metode pembuatan Undang-undang dalam satu paket. Itu namanya omnibus law,” ungkap Mahfud mengutip hasil wawancaranya dengan republikaTV, Jumat, (15/11/2019).

Muat Lebih

Menurut mantan Ketua MK ini, metode ini sebenarnya akan memperingkas sebuah aturan yang ada. Secara mudahnya omnibus law menurut Mahfud dapat diartikan sebagai sebuah metode pembuatan undang-undang untuk mengatur banyak hal dalam satu paket.

Menurut dia, kehadiran omnibus law tak lain untuk memudahkan investasi masuk ke Indonesia. Omnibus law menurutnya mampu menghilangkan tumpang-tindih aturan yang ada. Tumpang-tindih aturan ini yang dinilai menyebabkan investasi macet.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *