Mahfud MD Setuju Jabatan Presiden Tetap 2 Periode

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menolak keras usulan Relawan Jokowi-Prabowo (JokPro) 2024, yang ingin jabatan presiden menjadi 3 periode.

Hal ini disampaikan Mahfud Md ketika mendapat mention pengguna Twitter yang membahas isu presiden 3 periode. Menurut Mahfud, konstitusi yang mengatur masa jabatan presiden berfungsi untuk membatasi kekuasaan, baik dalam lingkup maupun waktunya. Namun, ia menyadari wacana itu saat ini berada di tangan parpol dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Berita Lainnya

“Dua atau tiga periode arenanya ada di parpol dan MPR. Tapi secara pribadi saya lebih setuju seperti sekarang, maksimal dua periode saja. Adanya konstitusi itu, antara lain, untuk membatasi kekuasaan baik lingkup maupun waktunya,” kata Mahfud dalam cuitannya, Senin (21/6/2021).

Pernyataan Mahfud sekaligus menanggapi pernyataan warganet, yang menilai wacana presiden tiga periode bertentangan dengan konstitusi.

Seperti diberitakan sebelumnya, meski Presiden Jokowi berkali-kali telah menolak wacana tersebut, sejumlah pihak yang mengatasnamakan Relawan JokPro, telah menggelar deklarasi mendukung Jokowi-Prabowo untuk 2024.

Penasihat JokPro, M Qodari menyadari usulannya saat ini banyak menuai pro kontra. Namun, ia menegaskan gagasan itu demi menekan ongkos politik yang bisa terlampau mahal di 2024.

“Saya yakin walau terjadi pro kontra, tapi ongkos politik yang dikeluarkan sekarang akan kecil dan lebih terkendali ketimbang nanti 2024 kita alami benturan lagi,” kata dia di Sekretariat Nasional Komunitas JokPro  2024, Jakarta, Sabtu (19/6/2021). [fed]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *