Maju Kembali di Bursa Calon Ketum, Zulkifli Hasan Ketagihan Pimpin PAN

  • Whatsapp
Zulkifli Hasan

INDOPOLITIKA.COM – Partai Amanat Nasional (PAN) sebentar lagi bakal melakukan kongres untuk memilih ketua umum yang baru. Sudah ada beberapa calon yang ingin menduduki kursi ketua umum yang saat ini dipegang Zulkifli Hasan (Zulhas).

Bahkan, Zulhas sepertinya ketagihan untuk kembali menjadi ketua umum PAN. Tradisi satu periode di PAN, tampaknya tak terlalu digubris bekas Ketua MPR RI tersebut. Akankah Zulhas yang maju kembali sebagai petahana, bakal mendapat restu Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais?

BACA JUGA:

Zulhas sendiri mengklaim bahwa dirinya telah mendapat dukungan dari 28 DPW PAN. Sedangkan nama lain yang menjadi lawan Zulhas di bursa ketua umum PAN adalah, Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap, Ketua Fraksi PAN Hanafi Rais, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Dradjad Wibowo, mantan MenPAN RB Asman Abnur, dan Walikota Bogor Bima Arya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Sekjen PAN Ahmad Yohan menyoroti keinginan Zulhas yang ngebet menduduki kursi nomor satu di PAN. Ia mengingatkan bahwa lazimnya jabatan ketua umum PAN adalah satu periode.

Hal ini sudah menjadi tradisi sejak partai bentukan Amien Rais tersebut berdiri. “Belum ada (sejarahnya), ketua umum satu periode saja,” ujar Yohan saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (6/12/2019).

Ia pun menyindir Zulhas yang nampak jelas ‘menjilat ludah sendiri’. Dikatakan Yohan, penekanan ketua umum PAN cukup satu periode bahkan sempat disuarakan Zulhas saat maju di Kongres PAN 2015.

Saat itu, Zulhas menantang Hatta Rajasa yang juga berstatus petahana dalam bursa calon ketum. “Dulu Pak Zul waktu maju kan juga bilang Pak Hatta sebaiknya satu periode saja, menjaga tradisi ketua umum satu periode,” sindir Yohan. “Kenapa sekarang jadi mau dua periode?” tanya sekretaris Fraksi PAN di DPR ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *