Maju Kembali di Bursa Calon Ketum, Zulkifli Hasan Ketagihan Pimpin PAN

  • Whatsapp
Zulkifli Hasan

Lebih lanjut, kata Yohan, restu pendiri PAN Amien Rais sangat menjadi penentu dalam penjaringan bakal calon ketua umum PAN, pada Kongres PAN Januari 2020 mendatang. “Saya kira restu Pak Amien Rais juga sangat berpengaruh. Karena dari sejarahnya, semua Ketum PAN terpilih itu biasa didukung restu Pak Amien,” tegas Yohan.

Ketua Umum BM PAN ini menyatakan, restu Amien Rais menjadi jawaban soal 28 DPW PAN yang kabarnya telah mendukung caketum petahana Zulhas. Yohan juga menyindir Zulhas yang mengklaim sepihak mendapat dukungan dari 28 DPW PAN.

Berita Lainnya

“Tidak semua ketua DPW (yang hadiri deklarasi) saya lihat. Biasalah, beliau sebagai petahana mengundang orang. Apalagi soal Pilkada, semua orang datang. Kalau ujungnya dibelok-belokin dikit itu biasa,” tandas Yohan.

Karena Zulhas ‘ngotot’ mau mematahkan tradisi satu periode memimpin PAN, partai berlambang matahari itu pun terancam terpecah. Merespon hal tersebut, Waketum PAN Viva Yoga Mauladi merasa yakin bahwa Kongres PAN, yang akan dilangsungkan pada awal tahun 2020 akan berjalan kondusif.

Meski kandidat cukup banyak, kata Viva, hal itu tidak akan membuat dinamika pemilihan berjalan panas. “PAN merupakan partai yang lahir dari rahim demokrasi. Di dalamnya, PAN menganut sistem penentuan untuk pengambilan keputusan secara demokratis. Jadi, suasana tertib, aman, itu merupakan bagian dari proses-proses politik di PAN,” kata Viva di Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Demokratisasi yang terbangun di internal PAN, sebut dia, tidak terlepas dari kesadaran politik di antara kader PAN. “Itu prinsip dasar cara membangun demokrasi di internal PAN, dan selama ini telah berjalan dengan baik. Kami di SC merasa yakin, siapa pun kandidatnya, berapa pun kandidatnya, suasana kompetisi itu adalah bagian dari demokrasi internal, dan proses kompetisinya itu adalah pertandingan persahabatan saja,” tandas Viva.

Dikonfirmasi terpisah, Waketum PAN Asman Abnur merasa tertantang dengan kegigihan Zulhas, yang ingin mematahkan tradisi satu periode memimpin PAN. Ia pun mengaku, siap menantang Zulhas sebagai caketum PAN dalam bursa pemilihan ketua umum partainya.[ab]

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *