MAKI Siap Gugat Kejari Tanah Bumbu Jika Gagal Hadirkan Mardani H Maming di Persidangan

Mardani H Maming

INDOPOLITIKA.COM – Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H Maming kembali tidak memenuhi panggilan sidang kasus dugaan suap izin tambang, Senin (11/4/2022). Ini menjadi ketiga kalinya Mardani mangkir sidang dengan terdakwa mantan kepala dinas ESDM Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, yang digelar Pengadilan Tipikor Banjarmasin.

Menanggapi hal itu, Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menyayangkan mangkirnya Mardani H Maming. Padahal, kata Boyamin, kehadiran Mardani sangat penting untuk mengungkap kasus suap peralihan izin usaha pertambangan (IUP) dari PT Bangun Karya Pratama Lestari kepada PT Prolindo Cipta Nusantara (PCN).

Bacaan Lainnya

“Tetapi Mardani Maming lebih mengutamakan bertemu orang-orang di Jakarta. Bukan mengutamakan panggilan hukum. Seolah Mardani Maming ingin tunjukkan itu. Dia mengabaikan dan tidak hormat terhadap penegakan hukum,” tutur Boyamin, Senin (11/4/2022).

Mardani sendiri diketahui menemui Presiden Jokowi pada Senin (11/4/2022). Ia mewakili impunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengaku menyampaikan dukungan kepada Presiden Jokowi yang mendorong pemerintah belanja produk lokal.

Sekedar mengingatkan, panggilan pertama pada 28 Maret 2022, Mardani tak hadir tanpa alasan. Panggilan kedua pada 4 April 2022, Mardani yang melayangkan surat keterangan sakit dari sebuah klinik kecil, namanya Amore Medika Klinik Umum dan Bersalin didaerah Kelapa Dua, Legok, Kabupaten Tangerang.

Kembali menyoal mangkirnya Mardani, Boyamin mendukung ketua majelis hakim Yusriansyah yang memerintahkan jaksa penuntut umum (JPU) untuk menghadirkan Mardani H Maming pada persidangan minggu depan, Senin (18/4/2022).

“Pihak Kejari Tanah Bumbu harus bisa hadirkan Mardani Maming pada persidangan minggu depan itu. Harus dikeluarkan surat perintah membawa, bisa diambil paksa. Kalau pekan depan gagal, maka saya akan gugat Kejari Tanah Bumbu. Karena tidak jalankan surat perintah membawa yang bersangkutan,” pungkas Boyamin. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.