Makin Panas, Rudal-rudal China Lintasi Wilayah Udara Taiwan

Rudal China/Net

INDOPOLITIKA.COM – Sejumlah rudal yang ditembakkan China dalam latihan militer disebut melesat melintasi udara Taiwan, Jumat (5/8). China sendiri memulai latihan tersebut pada Kamis (4/8).

Tagar yang dirilis CCTV, yang menanyakan “apa arti dari rudal konvensional Tentara Pembebasan Rakyat China [PLA] berhasil melewati Pulau Taiwan?” menjadi viral di media sosial China pada hari ini.

Tagar itu dilihat oleh sekitar 43,7 juta pengguna Weibo, media sosial China yang mirip seperti Twitter.

Sementara itu, informasi mengenai keberhasilan rudal China melintasi Taiwan diumumkan oleh seorang peneliti China.

6 Titik Latihan Menembak China ‘Kepung’ Taiwan. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)
“Latihan kami saat ini termasuk uji coba tembak langsung, dan itu pertama kalinya rudal tersebut melewati Pulau Taiwan,” ujar profesor Universitas Pertahanan Nasional China, Meng Xiangqing, dalam media pemerintah Beijing CCTV, seperti dikutip dari AFP.

Selain itu, Meng menuturkan rudal konvensional China berhasil melewati ruang udara Taiwan bersamaan dengan sejumlah rudal Patriot yang disiagakan. Rudal Patriot sendiri merupakan sistem rudal dari permukaan ke udara yang menjadi pertahanan penting melawan pesawat tempur China.

Meng juga menuturkan latihan militer China kali ini merupakan latihan dengan jarak terdekat dari Taiwan. Ini juga pertama kalinya China mengepung Taiwan dalam latihan militer, pun pertama kali menunjuk wilayah timur Taiwan sebagai sasaran tembakan.

Meski begitu, Beijing belum mengonfirmasi secara formal apakah rudal mereka benar-benar melewati Taiwan kala latihan militer.

Sementara itu, Taipei menolak mengonfirmasi, pun membantah jalur penerbangan rudal tersebut dengan alasan intelijen.

Di sisi lain, Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan empat dari sembilan rudal dari China ‘dipercaya’ terbang melintasi pulau utama Taiwan.

Media pemerintah China lain, Xinhua, melaporkan bahwa negara itu mengerahkan lebih dari 100 pesawat tempur, termasuk jet tempur dan pesawat pengebom, dalam latih militer ini.

Tak hanya itu, China juga mengerahkan lebih dari sepuluh kapal penghancur dan kapal fregat.

AFP melaporkan, latihan militer China bakal berlangsung hingga Minggu (7/8) siang.

Latihan militer China ini menuai kecaman dari Amerika Serikat, Jepang, Uni Eropa, dan Taiwan.

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.