Malam Nisfu Syaban Hari Ini, Berikut Amalan yang Bisa Dilakukan di Rumah

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM –  Nisfu Sya’ban adalah peringatan pada tanggal 15 bulan kedelapan (Sya’ban) dari kalender Islam. Bulan ini merupakan bulan yang penuh dengan berkah dan juga kebaikan. Pada bulan ini Allah membuka pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya. Karenanya, dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunah seperti puasa sunah.

Nisfu Sya’ban kali ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan adanya wabah corona jenis baru (covid-19), akibatnya saat ini kita tidak bisa berkumpul dan bersilaturrahim dengan kerabat atau keluarga secara fisik. Namun hal itu tidak menyurutkan kita untuk menambah pundi-pundi pahala di malam nisfu Sya’ban di rumah.

Bacaan Lainnya

Nabi Muhammad SAW.  dalam sebuah hadits mengatakan bahwa Nabi SAW lebih sering puasa sunah di bulan Sya’ban dibandingkan pada bulan lainnya, (HR Al-Bukhari).

Selain puasa, menghidupkan malam sya’ban juga sangat dianjurkan khususnya malam nisfu Sya’ban (pertengahan bulan Sya’ban). Maksud menghidupkan malam di sini ialah memperbanyak ibadah dan melakukan amalan baik pada malam nisfu Sya’ban.

Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-Maliki menegaskan bahwa terdapat banyak kemuliaan di malam nisfu Sya’ban; Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang minta ampunan pada malam itu, mengasihi orang yang minta kasih, menjawab do’a orang yang meminta, melapangkan penderitaan orang susah, dan membebaskan sekelompok orang dari neraka.

Ada tiga amalan utama yang bisa dilakukan pada Malam Nisfu Syaban, amalan-amalan ini tentunya tidak akan ada pada bulan lainnya. Berikut ini tiga amalannya:

Berdoa

Amalan yang pertama yakni memperbanyak doa. Karena Allah SWT akan mengabulkan doa setiap muslim, kesuali orang-orang yang di dalam hatinya masih terdapat kemunafikan seperti yang tercatat dalam HR Al-Baihaqi.

Membaca kalimat syahadat

Selanjutnya yang kedua membaca dua kalimat syahadat sebanyak-banyaknya. Dua kalimat mulia ini dapat di baca kapan pun di manapun, akan lebih baik lagi jika di baca pada Malam Nisfu Syaban.

Istighfar

Dan yang ketiga adalah memperbanyak istighfar. Dengan melakukan istighfar tentu kita akan senantiasa menginat sang pencipta kita, Allah SWT.

Ketiga amalan yang bisa dilakukan oleh seluruh umat islan di malam Nisfu Syaban ini tentunya akan membuat orang-orang bersih tanpa dosa dalam menghadapi bulan suci Ramadhan yang sudah didepan mata.

Semoga kita termasuk orang yang menghidupkan malam nisfu Sya’ban dengan memperbanyak do’a, membaca dua kalimat syahadat, istighfar, dan kalimat mulia lainnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *