Internasional

Malaysia Imbau Warganya di Lombok Hindari Kawasan Bencana

Para turis asing mengungsi di Bandar Udara Internasional Praya Lombok. (Foto: AFP).

Lombok: Pemerintah Malaysia melalui Kedutaan Besar di Indonesia mengimbau para warganya yang ada di Lombok untuk tetap waspada. Pasalnya, gempa berkekuatan 7,0 skala richter kembali mengguncang wilayah di Nusa Tenggara Barat tersebut.

Dari keterangan kedutaan yang diterima Medcom.id, Senin, 6 Agustus 2018, Kedubes Malaysia telah menghubungi 84 orang warganya di beberapa lokasi di Lombok. Mereka dilaporkan dalam keadaan selamat.

Begitu pula para pelajar Malaysia yang ada di Bali, mereka juga dilaporkan dalam keadaan selamat.

"Warga negara Malaysia yang berada di Lombok diimbau untuk tetap berada di tempat yang aman dan menghindari wilayah berisiko, termasuk bangunan yang mengalami kerusakan," demikian imbauan Pemerintah Malaysia.

Listrik di sebagian kawasan di Lombok Utara dan Timur masih terputus. Meski demikian, mereka diminta untuk tetap tenang dan senantiasa mematuhi arahan pihak berwenang.

Sementara itu, Kedubes Malaysia juga mengimbau warganya untuk menghubungi perusahaan penerbangan jika ingin menjadwalkan kembali penerbangan keluar Lombok.

"Kami mendapat informasi bahwa Bandar Udara Internasional Lombok dan Ngurah Rai di Bali masih beroperasi seperti biasa," tukas mereka.

Imbauan juga disampaikan kepada para pelancong dari Negeri Jiran yang hendak ke Lombok untuk selalu waspada dan memantau perkembangan. Mereka diharapkan mematuhi arahan pihak berwenang dan mendaftarkan diri ke kedutaan.

Pihak kedubes juga mengeluarkan nomor hotline yang bisa dihubungi untuk mengetahui situasi yang terjadi di Lombok, pada +62215224947 dan +62 81380813036 serta email mwjakarta@kln.gov.my / jkonsular@gmail.com.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close