Internasional

Malaysia Kirim Tim Ahli dan Rp1,8 Miliar untuk Sulteng

Alat berat berada di tengah reruntuhan bangunan di Palu, Sulteng, 2 Oktober 2018. (Foto: AFP/ADEK BERRY)

Kuala Lumpur: Malaysia akan menyumbangkan dana bantuan RM500.000 (setara Rp1,8 miliar) kepada korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala sekitar wilayah sekitarnya di Sulawesi Tengah. Bencana pada Jumat 28 September itu telah menewaskan lebih dari 800 orang.

Wakil Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Dr Wan Azizah Wan Ismail mengatakan keputusan mengirim bantuan diambil usai dirinya berbicara dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla melalui sambungan telepon.

"Indonesia terbuka untuk menerima kontribusi dan bantuan, jadi kami mengirim tim SMART untuk membantu pencarian dan penyelamatan, karena kita harus berpacu dengan waktu untuk menemukan lebih banyak korban," cetus Wan Azizah seperti dikutip dari Malaymail, Senin 1 Oktober 2018.

"Kami juga memberikan kontribusi RM500.000 untuk membantu mereka yang terkena bencana," lanjut dia, dalam konferensi pers setelah bertemu kontingen nasional Malaysia untuk bertanding di Asian Para Games 2018 di Jakarta.

Wan Azizah menyebut semua bantuan dari Mercy Malaysia dan organisasi non-pemerintah lainnya (LSM) di Malaysia sedang dikoordinasikan dengan otoritas terkait di Indonesia.

Dia menambahkan ada sedikit kesulitan dalam mengirim bantuan ke para korban gempa yang mengungsi ke Makassar.

Baca: Logistik Langsung Disalurkan ke Pengungsian

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close