Internasional

Malaysia Kirim Tim Medis ke Sulteng

Tim medis menurunkan korban gempa dan tsunami Palu-Donggala. Foto: Antara/Sahrul Manda Tikupadang.

Kuala Lumpur: Malaysia mengirimkan tim medis darurat atau Emergency Medical Team (EMT) ke lokasi bencana tsunami dan gempa di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Tim medis ini berada di bawah organisasi nonpemerintah, Mercy Malaysia yang dikelola sejumlah dokter berpengalaman. Organisasi ini berfokus pada penyediaan bantuan medis. 

"Enam orang anggota EMT adalah para dokter ahli dari Malaysia yang kami kirim langsung ke Sulawesi Tengah," kata Presiden Mercy Malaysia Dr. Ahmad Faisal, dikutip dari Antara, Selasa, 2 Oktober 2018.

Baca juga: Malaysia Kirim Tim Ahli dan Rp1,8 Miliar untuk Sulteng

Namun pengaturan perjalanan untuk memobilisasi EMT masih bermasalah lantaran Bandara Palu masih ditutup untuk penerbangan komersial.

"Akses yang memungkinkan ke Palu dari Kuala Lumpur adalah penerbangan ke Makassar lalu ke Mamuju. Semua opsi akan kami pertimbangkan," lanjut dia.

Mitra Mercy yaitu Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Indonesia juga telah menyiapkan akses untuk pemberangkatan tim pertama, hari ini.

Menurut Ahmad, makanan dan tempat tinggal yang paling banyak dibutuhkan, serta dukungan mental dan psikologi untuk pemulihan korban. 

Baca juga: Pemerintah Pertimbangkan Bantuan Asing untuk Rekonstruksi

Mercy Malaysia juga membuka donasi di Kuala Lumpur dan sekitarnya yang peduli akan bencana di Indonesia agar dapat memberikan bantuan seperti pengadaan air minum, tempat tinggal dan makanan.

Tak hanya itu, Malaysia juga mengirimkan Malaysia Disaster Assistance dan Rescue Team (SMART) dan menyediakan anggaran sekitar Rp1,7 miliar untuk membantu Palu dan Donggala.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close