Malaysia Punya 1.000 Mata-mata di Seluruh Dunia

  • Whatsapp
Ilustrasi agen mata-mata. (Foto: Google).

Kuala Lumpur: Surat sebuah agen mata-mata Malaysia yang dikirim ke Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) bocor. Dalam surat tersebut diungkapkan, agen itu memiliki 1.000 mata-mata yang ditempatkan di seluruh dunia.

Fakta lainnya mengenai Organisasi Intelijen Eksternal Malaysia (Meio) diungkapkan pengacara mantan kepala badan tersebut, Datuk Hasanah Abdul Hamid. Pengacaranya yang bernama Datuk Shaharudin Ali menuturkan Hasanah telah mengajukan laporan polisi tentang kebocoran surat rahasia tersebut.

Baca Juga:

Dia mengatakan surat itu jatuh di bawah Official Secrets Act (OSA). Shaharudin mengatakan Hasanah khawatir kepercayaan dan kredibilitas Meio akan terpengaruh dengan kebocoran surat tersebut.

"Dia sangat prihatin atas keselamatan dan moral para petugasnya," ucap Shaharudin, seperti dilansir dari laman Straits Times, Rabu 1 Agustus 2018.

"Saya tidak berwenang mengatakan berapa banyak agen, perwira dan operator yang dipelihara agen tersebut, namun saya dapat memberitahu Anda lebih dari seribu di seluruh dunia," ungkapnya.

Surat itu diduga ditulis pada 4 Mei, sepekan sebelum pemilihan umum ke-14 Malaysia. Beberapa pesan dari surat tersebut ditujukan ke Direktur CIA Gina Haspel.

Surat tersebut diduga untuk mengajukan banding ke Amerika Serikat (AS) guna mendukung pemerintahan Najib Razak. Hasanah dalam pernyataannya mengatakan Meio memiliki sumber intelijen rahasia di seluruh dunia dan informasi yang didapat dikumpulkan, dianalisis kemudian dilaporkan kepada perdana menteri, kabinet, intelijen, militer dan lainnya.

Agen ini bahkan dilaporkan menjadi bagian dari Divisi Penelitian Departemen Perdana Menteri. Divisi ini bagian dari badan rahasia keamanan nasional yang didirikan pada 1960-an.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *