Internasional

Malaysia Tawarkan Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah. (Foto: AFP)

Kuala Lumpur: Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah langsung menghubungi Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi terkait bencana gempa yang menimpa Lombok, semalam.

"Saya sampaikan simpati dan duka cita kepada Bu Retno. Kita juga tawarkan bantuan untuk Lombok," kata Saifuddin, dalam video dari Kedutaan Besar Malaysia yang diterima Medcom.id, Senin 6 Agustus 2018.

"Bantuan-bantuan dari Malaysia sebenarnya sudah siap sejak kejadian gempa yang pertama," lanjut dia.

Bantuan pun datang dari negara tetangga Indonesia yang lain yaitu Singapura. Pemerintah Singapura memberikan sumbangan sebesar USD100.000 atau sekitar Rp1,4 miliar untuk para korban gempa Lombok.

Baca: Malaysia Imbau Warganya di Lombok Hindari Kawasan Bencana

Gempa mengguncang Lombok, NTB pukul 18.46 WIB, Minggu, 5 Agustus 2018. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 132 gempa susulan terhitung sejak gempa 7.0 SR hingga Senin pukul 08.00 WIB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun mencatat 82 orang meninggal dunia akibat gempa tersebut. Data BNPB yang dihimpun sampai pukul 02.30 WIB, Senin, 6 Agustus 2018, menunjukkan ratusan orang terluka dan ribuan rumah warga hancur.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close