Manado Dikepung Banjir, Warga Mulai Panik

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Banjir merendam sejumlah kelurahan di Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat, (22/1/2021). Curah hujan dengan intensitas tinggi selama sekitar tiga jam mengakibatkan sejumlah daerah tergenang air.

Seperti dilansir Antara, sejumlah kendaraan sempat terjebak macet di salah satu ruas jalan. Warga sekitar pun nampak saling membantu supaya para pengendara tidak terlalu lama terjebak di tengah genangan air.

Berita Lainnya

Kepala BPBD Manado, Donald Sambuaga mengatakan jika air naik dengan ketinggian beragam, mulai dari 45 cm di sebagian wilayah Manado.

“Air sudah naik di sebagian wilayah Manado, dengan ketinggian bervariasi mulai dari 45 cm sampai 60 cm,” ujar Donald seperti mengutip Antara.

Hingga saat ini sejumlah daerah yang diterjang banjir hingga ketinggian 60 cm terjadi di Sario Tumpaan,Tikala,Bitung Karangria, Winangun, Ranotana, Karombasan, Bumi Nyiur, Banjer, Paal Dua hingga lampu merah depan pintu masuk tol.

Sementara di jalan lingkar Manado pun air naik sampai lebih dari 50 cm.

Air dari aliran sungai (DAS) Tondano dan Sawangan dilaporkan terus meninggi. Bahkan air dari semua selokan dan sungai juga tidak terbendung.

Warga Kota Manado mulai panik, kepanikan warga tampak dari puluhan postingan yang semakin banyak dibagikan di media sosial bernada minta bantuan dan tolong sampaikan ke pihak terkait agar bisa menyelamatkan mereka dari rendaman air.

“Saya sudah minta warga untuk tetap waspada. Bila perlu bersiap menyelamatkan diri karena air terus naik,” kata Fatimah, Kepala Lingkungan III, Kampung Merdeka, Manado.

Sementara, beberapa video warga terkait banjir dan longsor gencar dibagikan di beberapa media grup.

Termasuk beberapa saran dari para pengguna jalan agar tak melewati jalan dan kawasan tertentu agar tidak terjebak banjir.

Bahkan Polsek Urban Malalayang meminta masyarakat agar mengindari jalan Kayu Bulan Malalayang karena aspal jalan sudah terangkat karena derasnya air.

Salah satu warga Manado Ahmad mengatakan, banjir kali ini airnya naik begitu cepat, biasanya hujan seharian baru terjadi banjir, namun kali ini baru sekitar tiga jam air sudah naik. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *